Kamis, 12 Juli 2007

Tips Hadapi Kondisi Yang Tak Menentu


Di tengah kondisi berbagai krisis yang belum pulih juga, banyak perusahaan yang bagaikan hidup segan mati tak mau. Artinya perusahaan itu masih tetap berdiri, tetapi kemajuan yang diharapkan berjalan sangat lamban. Bahkan banyak perusahaan yang tinggal menghitung hari, alias menunggu saat benar-benar bangkrut.

Makanya banyak para karyawan yang harap-harap cemas belakangan ini. Mereka berharap agar perusahaan mereka masih bisa bertahan agar mereka masih bisa bekerja. Tetapi di sisi lain mereka juga cemas jika suatu waktu tempat mereka mencari nafkah ambruk dan mereka harus kehilangan pekerjaan.

Tetapi nggak perlu cemas dan panik berlebihan jika saat ini perusahaan Anda tengah gonjang-ganjing dengan isu kebangkrutan. Cara-cara di bawah ini mungkin bisa membantu Anda menghadapi kondisi di perusahaan Anda:

Amati situasi kantor
Perhatikan hal-hal yang perlu dipikirkan di kantor dan hal-hal tidak membutuhkan perhatian segera. Jika di kantor ada perbedaan pendapat pertimbangkan baik-buruknya sebelum Anda terlibat. Jika sekiranya keterlibatan Anda berdampak positif, maka Anda boleh melibatkan diri Anda.

Sedikit bicara banyak bekerja
Dalam kondisi yang tidak menentu dan agak-agak panas di kantor, sedikit bicara banyak bekerja jauh lebih bijak daripada kebanyakan bicara tetapi sedikit bekerja. Jangan membuat suasana makin keruh dengan mengeluarkan pernyataan yang membingungkan.

Analisis permasalahan
Coba Anda analisa sendiri permasalahan yang tengah dihadapi oleh perusahaan Anda. Apakah masalah ini akan ‘pulih’ dalam beberapa waktu ke depan atau tidak. Jika Anda sulit menganalisa sendiri, cari tahu pada orang manajemen kira-kira bagaimana masalah yang sesungguhnya. Paling tidak, Anda bisa lebih tenang setelah mendapat jawaban, meskipun jawaban itu tidak Anda harapkan.

Yakinlah dengan kekuatan Anda
Daripada stres memikirkan kemungkinan terburuk, coba deh yakinkan diri dengan kekuatan Anda. Hal ini bisa sedikit menghibur Anda di tengah situasi yang tidak menentu..

Selanjutnya, Anda harus mampu mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan. Bangunlah kekuatan diri Anda untuk menghadapi situasi apapun. Sehingga Anda nggak akan ‘terpuruk’ seandainya memang harus menghadapi kenyataan terburuk. Pede aja, bahwa di tengah situasi sesulit apapun masih tersimpan setitik harapan. Good luck..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun