Rabu, 11 Juli 2007

Tips Jitu Sebelum Pindah Kerja



Tips Jitu Sebelum Pindah Kerja
Yulia Dian - detikHot


Mungkin sekaranglah waktu yang tepat bagi Anda mencari peluang kerja di tempat lain. Tapi sebelum pindah, simak dulu tips jitu untuk menghadapi tempat baru dan meninggalkan kebiasaan lama Anda.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang memutuskan untuk pindah tempat kerja atau karir. Mungkin saja jenuh, lokasi dan suasana kantor yang tidak kondusif lagi atau tidak cocok dengan perusahaan. Semua bisa jadi pemicu.

Merintis karir di tempat baru juga tak segampang yang ada dalam pikiran Anda. Pindah kantor bisa jadi keputusan besar yang menentukan masa depan Anda. Simak dulu tips berikut sebagai bekal Anda.

1. Kenali motivasi
Tantangan kerja yang lebih menarik atau gaji yang lebih besar bisa jadi alasan Anda untuk pindah kerja. Namun coba pikirkan lagi apa motivasi terdalam Anda dalam bekerja. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk memilih bidang pekerjaan. Pekerjaan yang didukung dengan motivasi tinggi bisa membuat Anda serius menjalani karir.

2. Teliti lebih detil
Jangan mudah tergiur dengan tawaran yang tinggi atau janji-janji muluk. Apakah perusahaan baru yang akan Anda masuki menerapkan jenjang karir secara jelas? Ini yang harus Anda tanyakan pertama kali. Bagaimana juga sistem penilaian yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Jangan takut dinilai sok tahu, asal Anda bertanya dengan sopan dan tidak menghakimi.

3. Kenali finansial perusahaan
Kaji perusahaan yang Anda lirik. Bagaimana kondisi keuangannya, apakah cukup memenuhi kesejahteraan Anda? Cari tahu detil perusahaan dari internet atau rekan-rekan yang bergelut di bidang yang serupa dengan perusahaan tersebut. Koneksi tentu saja sangat diperlukan.

4. Cocok atau tidak?
Gaji bukan faktor utama yang harus dicermati ketika Anda masuk ke tempat kerja baru. Kenali terlebih dahulu suasana kerja atau budaya perusahaan tersebut. Cukup cocokkah dengan diri Anda. Jangan sampai ketika sudah mengorbankan pekerjaan lama, Anda malah tak betah di tempat ini.

5. Cermat berhitung
Perhitungkan untung rugi yang akan anda terima dari kantor baru dan lama. Jangan juga cuma dilihat dari jumlah gaji tapi juga tunjangan-tunjangan yang bisa Anda dapat perbulannya. Pertimbangkan dengan masak, mana yang lebih menguntungkan buat Anda secara finansial dan juga karir.

6. Bertanggung jawab
Kendati Anda diterima kerja di tempat yang lebih hebat dari perusahaan lama Anda, sebaiknya jangan bersikap mentang-mentang. Jangan meninggalkan kantor lama dengan seenaknya. Anda datang dengan baik-baik maka undurkanlah diri Anda dengan itikad baik pula. Kemukakan alasan yang masuk akal pada atasan, atur waktu pengunduran diri. Jangan beritahukan dulu rencana kepindahan Anda kepada rekan-rekan sekantor, sebelum atasan bicara pada mereka.

7. Ambil sedikit waktu
Sebaiknya antara meninggalkan kantor lama dan masuk ke kantor baru Anda beri waktu untuk persiapan. Buatlah jeda kira-kira sekitar 2 minggu, untuk menyegarkan pikiran Anda. Membuang semua penat dari kantor lama dan bersiap dengan gairah baru. Berikan kesan pertama yang baik pada rekan-rekan baru Anda.

Siap menghadapi tantangan? Selamat mencoba!(yla/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun