Rabu, 11 Juli 2007



Tips Pacaran Dengan Rekan Kerja

Astaga!HidupGaya - Kehadiran cinta memang tak mengenal situasi dan tempat. Anda tak akan pernah tahu kapan cinta datang mengetuk pintu hati Anda. Salah satu tempat yang paling memungkinkan Anda untuk disinggahi oleh cinta dimana lagi kalau bukan tempat kerja. Nah apa sih tips berhubungan asmara dengan sesama rekan kerja? Simak yang berikut ini.

Hubungan dengan teman sekantor bisa berakibat buruk seandainya anda bertengkar, misalnya menjadi sakit hati, penurunan performa kerja, atau mengalami stres. Namun tidak semua akibatnya jelek lho! Selain efek buruk di atas, masih banyak hal-hal baik yang bisa terjadi seandainya anda mempunyai pacar di tempat kerja. Performa di tempat kerja bisa meningkat seiring dengan adanya perasaan khusus di tempat kerja (misalnya Anda berusaha membuatnya terkesan dengan tampil sebaik-baiknya). Seandainya Anda memutuskan untuk berkencan dengan rekan kerja, lakukan dengan hati-hati dan cermat serta perhatikan tips-tips berikut ini:

1. Perhatikan aturan perusahaan
Meskipun di Indonesia belum ada aturan yang jelas mengenai hal ini, namun di beberapa perusahaan tertentu sudah ada peraturan yang melarang sesama karyawan menjalin hubungan asmara. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kasus-kasus yang dapat mencemarkan nama baik perusahaan seperti tuduhan pelecehan seksual (terutama dalam hubungan antara atasan dengan bawahan). Oleh karena itu sebaiknya perhatikan apakah ada perusahaan Anda menerapkan aturan yang serupa.

2. Menetapkan aturan main sejak pertama jalan
Hal yang paling sering terjadi setelah usainya hubungan antara dua orang yang satu kantor adalah memburuknya hubungan yang pada akhirnya akan mempengaruhi motivasi dan performa dalam kerja. Oleh karena itu sejak pertama berkencan, Anda dan pasangan harus menetapkan komitmen bahwa akan tetap berteman bila kelak hubungan asmara Anda tidak dapat dilanjutkan. Meskipun kenyataannya tidak semudah itu, namun mempersiapkan rencana untuk menghadapi hal yang terburuk akan sangat membantu seandainya hal tersebut benar-benar terjadi. Selain itu, jangan pernah mencampuradukkan masalah pekerjaan dengan masalah asmara Anda. Anda tidak harus menceritakan semua hal yang Anda ketahui mengenai teman-teman sekantor pada pasangan Anda (kecuali bila Anda berdua telah sepakat untuk melakukannya), begitu juga sebaliknya.

3. Berhati-hatilah dengan persepsi orang lain
Jangan sampai hubungan Anda berdua menciptakan atmosfir yang kurang menyenangkan atau dianggap menyalahgunakan posisi kekasih Anda (atau sebaliknya). Yang lebih penting lagi, jangan sampai hubungan ini menjadikan identitas Anda kabur. Tentunya Anda tidak ingin dikenal sebagai kekasih si B atau dia juga tidak ingin dikenal sebagai pacarnya si A bukan?

4. Hubungan tersebut akan mempengaruhi Anda di lingkungan pekerjaan
Biasanya seseorang yang memiliki hubungan asmara dengan rekan kerja perhatiannya akan teralih, terutama bila si dia ada dalam satu ruangan dengan Anda. Untuk mengatasinya, aturlah jadwal supaya Anda bertemu hanya pada waktu-waktu tertentu seperti makan siang. Selain itu jangan membawa-bawa masalah pribadi ke tempat kerja, seandainya Anda mempunyai masalah dengan sang kekasih, jangan sampai kekesalan tersebut berlanjut ke tempat kerja. Be a professional.

5. Rahasiakan hubungan Anda
Konsekuensi dari hubungan sesama rekan kerja adalah menjadi omongan dari teman-teman yang lain, tak jarang omongan yang beredar akan menyentuh hal-hal yang negatif. Semakin sedikit orang yang tahu tentang hubungan Anda berdua akan semakin baik. Tapi kalu sudah terlanjur, jangan terlalu bersikap terlalu over-acting saat bertemu dengan si dia di kantor (misalnya mencium atau duduk di pangkuannya), kecuali Anda mau hubungan tersebut menjadi bahan omongan yang tidak enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun