Kamis, 12 Juli 2007

Tips Ramah Bertetangga

Yulia Dian - detikHot

Tetangga sebelah rumah bisa jadi orang pertama yang paling bisa Anda andalkan jika terjadi sesuatu. Tapi apa jadinya jika ia ogah berteman dengan Anda karena Anda jauh dari pergaulan. Makanya baca dulu tips ini.

Percaya deh! Banyak hal positif yang bisa Anda ambil dari bergaul akrab dengan tetangga di sekitar lingkungan rumah. Tetangga bisa jadi saudara terdekat Anda dalam berbagai kesempatan. Anda tidak mungkin juga hidup sendirian tanpa bersosialisasi.

Tapi sebagai tetangga yang baik, Anda juga harus punya etika. Berteman baik dengan tetangga tak sulit, Anda hanya perlu niat dan keinginan keras untuk menjalin tali silaturahmi.

1. Anda pindah ke lingkungan baru? Ada baiknya Anda bertegur sapa dengan tetangga terdekat rumah. Bawakan sedikit kue buatan Anda dan berbincang sejenak sebagai perkenalan ada bagusnya. Kesan pertama akan membawa pengaruh yang baik untuk hubungan Anda dengan tetangga yang lain.

2. Anda butuh gula mendadak? Boleh kok sesekali Anda meminjamnya kepada tetangga Anda. Tapi jangan ini dijadikan ajang mencari gratisan. Lama-lama tetangga Anda pasti akan kesal sendiri. Anda juga harus tahu diri.

3. Kenali pribadi tetangga Anda dengan baik. Suku, ras, agama dan sifat yang berbeda kadang menimbulkan ketidak cocokan antartetangga. Namun jangan jadikan itu sebagai pemicu pertengkaran kecil yang kemudian merembet kemana-mana. Menerima teman apa adanya bisa menjadi satu kelebihan Anda untuk bisa mendapat tetangga yang banyak dan menyayangi Anda.

4. Bertenggang rasa. Mengadakan pesta atau perhelatan di rumah boleh juga. Tapi pikirkan tetangga Anda. Usahakan acara Anda itu tak mengganggu ketenangan tempat Anda bermukim. Minta izin dan pengertian kepada tetangga sebelum membuat pesta ada bagusnya juga.

5. Jaga privasi mereka jika Anda juga ingin kehidupan pribadi Anda tak terlalu diusik oleh tetangga. Berteman baik boleh saja, tapi bukan berarti Anda berubah menjadi orang yang menyebalkan dengan mengawasi semua gerak-gerik tetangga dan membuat gosip murahan. Jaga hubungan baik yang telah Anda bina.

6. Timbal baliklah dalam segala sesuatunya. Jangan bisanya cuma minta tolong saja. Berikan pertolongan semampu Anda saat tetangga membutuhkan.(yla/)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun