Sabtu, 04 Agustus 2007

Bagaimana memulai bisnis


Pertanyaan ini paling sering saya terima sejak blog ini muncul sampai sekarang.

Kalau secara sederhana sih akan saya jawab: ya, mulai saja. Titik.

Karena saya yakin 90% dari penanya itu pasti sudah punya rencana di pikirannya tentang ini itu yang akan dilakukannya. Dan saya yakin mereka kebanyakan belum "take action".

Jadi, apa pun bisnis yang akan ada lakukan, baik itu online atau offline, sesederhana apa pun idenya, saran saya adalah: segeralah mulai. Take action now!

Kadang kita menganalisa bisnis orang lain yang sukses, padahal idenya simple sekali. Gampang ditiru. Tapi, tetap ada perbedaannya menurut saya. Mereka "take action" mewujudkan idenya itu.

Ide + take action = miracle happen.

Mengenai modal, ilmu, dan sebagainya itu menurut saya nomor sekian. Betul. Saya pernah mulai bisnis dengan modal cukup tapi tanpa ide, akhirnnya gagal. Lucunya, setelah mulai lagi dengan ide dan sedikit modal, malah berhasil.

Mengenai ilmu how to-nya, keyakinan, keuletan, kerja keras, lingkungan yang mendukung saya katakan itu semua diperlukan. Kalau anda punya semua itu, berarti sukses sudah dekat di tangan anda.

Jadi, kesimpulannya: mulai aja berbisnis. Saya yakin anda pasti punya semua ide maupun sarana pendukungnya. Action saja. Jangan menunggu kondisi yang sempurna, karena tidak akan pernah terjadi. Andalah yang harus membuatnya sempurna.

Soal risiko, rugi dan segala macamnya. Telan aja. Lebih berisiko lagi kalau anda tidak mulai-mulai juga. Risikonya adalah: waktu. Waktu itu adalah aset kita yang paling mahal dan tidak bisa tergantikan. Soal rugi uang, bisa dicari gantinya.

Source : Roni Yuzirman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun