Rabu, 29 Agustus 2007

Gunakan Blog untuk Kesuksesan Mencari Kerja

Apa kaitan antara mencari kerja dan Blog. Kaitannya jelas, Blog adalah fasilitas di internet yang gratis. Anda tinggal masuk ke www.blogger.com dan berlangganan di sana.
Oleh: Dr. Dwi Suryanto, Ph.D. www.pemimpin-unggul.com
Setelah anda mengisi informasi tentang diri anda, dan memilih desain yang sesuai, anda tinggal mengisi Blog anda itu.
Apa yang akan anda isi? Karena anda sedang mencari lowongan kerja, maka tentu saja Blog itu anda isi dengan prestasi-prestasi anda. Contoh, anda pernah juara pidato di SMP, maka tuliskan kisah itu pada Blog anda. Misal anda pernah ikut jambore pramuka, maka ceritakan saja kisah itu pada Blog anda.

Tentu anda harus menceritakan yang baik-baik saja. Ingat, Blog ini adalah sarana gratis untuk mempromosikan diri anda. Ketika anda mempromosikan, tentu saja hanya yang baik-baik saja yang anda ceritakan. Contoh, ketika anda kesulitan menghadapi tantangan di Jambore, anda bisa ceritakan bagaimana anda dengan kreatifitas dan keuletan yang tangguh mampu mengatasi kesulitan itu.

Jika anda seorang programmer dan sudah punya beberapa program yang anda buat, mengapa tidak anda bahas dalam Blog anda itu. Anda bahkan bisa mempersilakan pengunjung Blog untuk men-download program itu.

Jika anda seorang web desainer, mengapa tidak anda cantumkan contoh-contoh desain yang sudah anda hasilkan pada blog anda.
Jika anda seorang insinyur sipil, mengapa tidak anda sertakan foto-foto bangunan di mana anda ikut membangunnya?

Jika anda seorang sarjana peternakan, mengapa tidak anda cantumkan karya-karya anda yang terkait dengan peternakan pada Blog anda itu?

Mengapa anda perlu bersusah payah seperti itu? Bukankah anda ingin segera mencari kerja, dan bukannya bermain-main? Anda benar. Anda sedang berburu lowongan kerja.

Apa yang sudah anda kerjakan dalam Blog itu, harus anda cantumkan dalam lamaran kerja anda. Anda juga bisa bahas secara ringkas pengalaman anda (harus bernada promosi tentunya) mengelola Blog itu. Jika anda bisa menuliskan pengalaman anda itu secara menarik, maka orang-orang di perusahaan yang anda lamar, akan melihat Blog anda.

Ketika mereka melihat Blog anda, mereka akan tahu banyak tentang prestasi anda, tentang karya anda, dan jelas kreativitas anda.

Sekadar anda tahu, kemampuan menulis yang baik adalah syarat yang demikian penting jika anda ingin sukses dalam karir. Ketika anda sudah mampu menulis dalam Blog dengan bahasa yang baik dan komunikatif, orang-orang di perusahaan itu akan berkesimpulan bahwa anda orang special. Jika mereka merekrut anda, mereka akan beruntung.

Oleh karenanya, daripada anda hanya bengong menunggu lamaran kerja yang tak kunjung mendapat panggilan, maka segera saja pergi ke warnet dan buat Blog pribadi. Ketika anda mampu melakukan, proses mencari kerja dan berburu lowongan pekerjaan tidaklah terlalu menyulitkan. Happy blogging…dan sampai jumpa pada tips mencari kerja yang lainnya.