Selasa, 21 Agustus 2007

Sudah Kadaluwarsakah Make-Up Anda?


Anindhita Maharrani - detikHot

Mungkin anda memiliki lebih dari satu foundation, lipstik, bedak, dan alat-alat make-up lainnya. Tentu tak semuanya digunakan secara bersamaan.

Untuk menghindari masa kadaluwarsa make-up, anda pun perlu tahu usia penggunaan mereka. Jika tidak, salah-salah anda bisa terkena iritasi kulit. Walaupun tak ada usia pasti, namun beberapa ahli kecantikan dapat memprediksi usia penggunaan make up.

Concealer bisa bertahan satu tahun lamanya, sedangkan bedak dapat anda gunakan selama 2 tahun. Krim pembersih umurnya lebih pendek, hanya satu tahun. Beralih ke eyeshadow, produk untuk mempercantik mata ini dapat bertahan hingga tiga tahun.

Kuas-kuas make-up wajib anda cuci setiap dua hingga tiga bulan sekali. Sedangkan spons bedak atau foudnation harus dibersihkan secara rutin setiap minggu.

Untuk alas bedak, anda harus memperhatikan bahannya terlebih dahulu. Foundation dengan bahan dasar air bisa bertahan selama satu tahun, sedangkan yang berbahan dasar minyak 18 bulan.

Perhatikan kesehatan bibir anda dengan memperhatikan pemakaian lipliner yang usia pemakaiannya mencapai tiga tahun. Untuk pasangannya, lipstik, bisa anda gunakan terus hingga usianya mencapai 1-2 tahun. Jika bau lipstik berubah, segera buang karena itu menandakan lipstik telah rusak.

Maskara adalah produk make-up yang usianya paling pendek. Dalam waktu 4 bulan saja, anda sebaiknya menggantinya dengan yang baru. Sebaliknya, cat kuku bisa bertahan hingga satu tahun. Namun tergantung dari kualitasnya.

Ayo segera periksa peralatan make-up anda. Jangan sampai menggunakan produk yang sudah kadaluwarsa.(dit/)