Selasa, 28 Agustus 2007

Komunikasi Berdasarkan Gerak - socializer (penggembira)

Oleh : Drs. Ponijan Liaw, MBA, M.Pd.

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita temui beragam karakter manusia yang terkadang membuat sepanjang hidup kita, tidak cukup waktunya untuk mempelajari semuanya. Pada bagian ini, kita akan membahas karakter manusia berdasarkan gerak. Disini terdapat 3 (tiga) bagian, yaitu: socializer (penggembira), thinker (pemikir) dan director (pengarah). Untuk edisi ini, kita akan mulai pembahasan dengan tipe socializer (penggembira).

Karakter Orang Penggembira (Socializer)

"Merayakan semangat dan kesenangan mereka," adalah moto orang-orang dengan karakter penggembira. Gaya dan ritme kehidupan mereka sangat cepat dan tiada hari tanpa bersenang-senang. Orang tipe ini susah diajak untuk memikirkan sesuatu yang sangat serius, misalnya membuat perencanaan atau melakukan sebuah penelitian.

Secara ringkas, orang dengan karakter penggembira ini akan seperti berikut ini:

0>Suka kecepatan dan spontanitas.
0>Fokus pada persahabatan dan interaksi.
0>Suka komunikasi yang berkesinambungan
0>Suka variasi dan fleksibilitas, bukan rutinitas.
0>Perlu pengakuan.
0>Kuat dengan opini, gagasan dan impian.
0>Kemampuan membujuk, mengeluarkan ide baru dan memotivasi.


Orang socializer ini sungguh menikmati hal-hal yang berbau ceria, kecepatan dan kehangatan. Mereka perlu komunikasi yang lancar dengan segala ragamnya. Tidak suka rutinitas dan kekakuan. Mereka adalah orang-orang yang memerlukan pengakuan akan apa yang telah dilakukan dan bersikukuh dengan opini dan apa yang mereka yakini sebagai benar. Mereka juga memiliki kemampuan membujuk maut yang luar biasa yang akan dapat membuat lawan bicaranya bertekuk lutut. Oleh karenanya, mereka suka berpetualang di organisasi dan ikut dalam arus kemajuannya.

Gaya Komunikasi dengan Orang Penggembira (Socializer)

Setelah melihat dan memahami karakter orang dengan tipe ini, tentu kita harus dapat berkomunikasi dengan mereka secara efisien dan efektif. Hal-hal berikut dapat dijadikan pedoman untuk berkomunikasi dengan orang tipe ini:



0>Dukunglah opini, gagasan dan impian mereka.
0>Jangan terburu-buru memulai diskusi.
0>Sadarilah bahwa mereka bermaksud baik hanya saja memiliki kesulitan menyelesaikan tugas.
0>Cobalah untuk tidak berargumentasi - Anda jarang menang.
0>Setujulah terhadap beberapa hal.
0>Ringkaskan secara tertulis siapa mengerjakan apa, kapan dan dimana.
0>Cerialah dan bergeraklah dengan cepat.
0>Gunakan testimoni dan insentif untuk mempengaruhi keputusan secara positif.


Para penggembira ini adalah mereka yang senang dengan pujian dan kata-kata indah. Untuk melancarkan komunikasi, hal seperti itu perlu diperhatikan terutama untuk menyenangkan mereka dan pada akhirnya akan memudahkan kita menyelipkan pesan ke benak mereka.