Selasa, 28 Agustus 2007

7 Tips Belanja Tas Ideal

Tas memang salah satu kebutuhan bagi kaum hawa. Betapa tidak, tas bagi wanita tak hanya berfungsi sebagai media penyimpanan saja tapi juga sebagai pelengkap penampilan. Nah, sebelum Anda mulai hunting tas di pusat-pusat perbelanjaan, ada baiknya Anda mengetahui tips dan trik dalam memilih tas yang ideal. Inilah dia...

1. Lihat-lihat dulu bahannya, apakah cocok dengan gaya berbusana dan keperluan Anda. Tas tote untuk ke kantor sebaiknya dari bahan yang kuat dan tebal karena akan menampung banyak berkas dan dokumen. Tas dari bahan kulit atau kanvas tebal yang awet dan kuat bisa menjadi pilihan.

2. Periksalah straps. Jangan langsung lapar mata, cari tas yang memiliki understrap yang sempurna melindungi barang-barang Anda. Jangan sampai tas baru malah menghilangkan barang-barang Anda.

3. Uji nyali. Tes dulu kekuatan handle dengan cara mengangkat tas tersebut.

4. Jangan lupa untuk mengetes kelancaran resleting dan kancingnya. Kadang retsleting yang buruk sering keluar dari relnya.

5. Cek bahan. Perhatikan bahannya, apakah terbuat dari nylon, wool, vinyl, atau kulit yang kuat? Pilih yang paling Anda butuhkan.

6. Kondisi prima? Cek dulu keadaan tas, apakah ada kerusakan? Coba usapkan sapu tangan pada bagian luarnya, termasuk sisi bawahnya. Bila warnanya menempel pada sapu tangan Anda berarti warna tas tersebut mudah luntur. Periksa juga bagian dalamnya, kantong di dalam dan di sisi samping tas, jangan-jangan ada yang bolong atau rusak.

7. Jahitan. Periksa juga kerapihan jahitannya. Jangan sampai ada benang yang lepas. Tidak luput juga pernak-pernik dekoratifnya, seperti beads, kerang-kerangan, bordiran, dan detail dari logam. Pastikan tidak ada yang hilang, retak, berserpih, pecah, atau malah menjadi ornamen yang bisa merusak atau melukai busana dan kulit Anda.