Rabu, 08 Agustus 2007

Karir Mandeg? Lirik Jalur Baru..!


Anda merasa karir anda mentok...? Tanggung jawab terbatas pada hal yang sama, gaji pun segitu-gitu aja. Sementara anda merasa sudah bekerja keras, disiplin dan nggak ada masalah dengan bos. Lalu apanya yang salah? Mungkin anda memang merasa sudah benar dan bekerja sesuai prosedur. Tetapi mungkin anda kurang cepat melangkah atau juga kurang berani mengungkapkan ide. Untuk itu, coba kenali hal-hal yang dapat mengatasi mandegnya karir anda:

Sesuaikan langkah anda dengan perusahaan
Ritme motivasi kerja anda harus disesuaikan dengan ritme perusahaan.
Jika ritme perusahaan tengah bergerak dengan kecepatan tinggi, anda nggak bisa dong santai-santai aja sambil menunggu tanggal gajian? Kalau anda melakukannya anda akan jauh tertinggal dan tak ada kemajuan apapun yang anda dapatkan.

Pelajari budaya perusahaan
Budaya perusahaan yang satu dengan yang lain jelas berbeda. Mulai dari jam kantor sampai tata cara berbusana, bahkan cara bergaul pun berbeda antara kantor satu dengan kantor lain. Nah, anda dituntut untuk bersikap fleksibel dengan menyesuaikan diri anda dengan budaya yang berlaku di perusahaan. Ini cukup berpengaruh loh pada karir anda.

Lakukan lompatan
Jika anda merasa sudah bekerja maksimal namun belum ada kemajuan mungkin anda perlu melakukan lompatan dan gebrakan untuk menjadi orang yang diperhitungkan. Jika kesempatan promosi anda kecil, mungkin anda harus mencari jalan untuk lebih menonjol daripada orang lain. Usulkanlah suatu ide-ide briliant dan berani. Atau ajukan diri anda untuk terlibat menangani proyek besar di perusahaan. Jangan takut gagal sebelum mencobanya.

Belajar dari saingan
Apakah anda merasa punya saingan di kantor? Kalau ya coba perhatikan apa yang dilakukan pesaing dan apa yang belum dilakukannya. Anda harus mulai melakukan yang lain dari yang lain. Buatlah gebrakan yang belum dilakukannya. Dengan demikian anda telah menciptakan nilai jual baru bagi promosi karir anda.

Tulis rencana anda
Ada baiknya anda menulis ulang rencana kehidupan karir anda sampai 5 tahun mendatang. Rincikan dalam skenario hidup anda yang diperbarui. Misalnya kecepatan langkah, persaingan, pilihan pertumbuhan jangka panjang, risiko, target pendapatan, ide kreatif yang diusulkan, dan fakta-fakta tentang promosi. Kemudian salin ke dalam daftar rencana promosi anda.

Diskusi dengan atasan
Beritahu dan bicarakan rencana-rencana dan ide anda pada atasan. Mintalah masukan dan nasehat darinya. Lihat reaksi bos, apakah mendukung atau sebaliknya. Jika bos memberi respon yang bagus anda bolehlah berharap mendapatkan promosi.

Apakah anda telah melakukan semuanya? Jika anda telah melakukannya dengan konsisten dan persisten, namun karir anda tetap mentok mungkin sudah saatnya anda harus melirik jalur baru yang lebih prospektif. Jangan takut untuk beralih ke bidang lain. Dalam hal ini kemauan lebih berperan di samping kemampuan anda untuk mulai bermain di jalur yang baru. Selamat mencoba..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun