Selasa, 17 Juli 2007

20 Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Umur

20 Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Umur

Lihat GambarKapanlagi.com - Di bawah ini 20 kebiasaan yang hanya membutuhkan beberapa menit dari waktu Anda dan menjaga Anda agar tetap sehat lebih dari hasrat yang Anda dapatkan dari waktu.

A. Faktor Makanan

1. Lawan kanker payudara dengan mengkonsumsi tunas brokoli

Tunas brokoli merupakan sumber yang kaya akan sulforaphane suatu kadar antioksidan yang sangat tinggi. Menurut riset yang dilakukan Universitas Johns Hopkins, sulforaphane dapat mengurangi sekitar 60% jumlah parasit yang mengembangkan kanker payudara setelah dikeluarkan oleh carcinogens.

Satu ons setiap penyajian atau sekitar setengah cangkir tunas brokoli mengandung sedikitnya 73 miligram sulforaphane jumlah yang ditemukan pada 1-1/4 pon brokoli dewasa masak.

2. Masaklah dengan menggunakan kedelai untuk menjaga arteri serta jantung Anda

Anda ingin menurunkan kolesterol sebesar 11% dalam enam minggu? Cobalah selalu menambahkan kedelai dalam menu diet Anda. Anda bahkan bisa mengurangi kadar dialostik dalam darah Anda dalam enam poin pada minggu yang sama. (Diastolik mengacu pada rendahnya tekanan darah dalam arterisetelah terjadi kontraksi pada jantung).

Hasil tersebut sesuai dengan peryataan yang dikeluarkan oleh Universitas Wake Forest di Winston-Salem, North Carolina yang menyatakan sedikitnya 43 wanita yang telah berusia 45 tahun sampai 60 tahun yang mengkonsumsi dua sendok makan bubuk kedelai yang dicampur dalam susu atau jus jeruk atau pada sereal yang dikonsumsi setiap pagi.

Jika tidak, Anda bisa mengkonsumsi secangkir susu kedelai, secangkir tofu, seciduk bubuk protein kedelai, atau segenggam kacang kedelai panggang. Kedelai mengandung estrigen yang baik untuk melawan kanker atau arteriolosclerosis, ujar kepala riset Gregory Burke, M.D., dari Wake Forest's Department of Public Health Sciences.

3. Konsumsilah folic acid untuk menurunkan risiko kanker usus sebesar 75%

Kita pasti telah mendengar tentang folid acid serta keuntungannya melawan cacat bawaan dan bahkan melawan homocysteine, penyebab utama penyakit jantung. Meskipun juga terdapat sisi negatifnya seperti yang tercantum dalam Harvard Nurses' Health Study yang mengkonsumsi 400 mikrogram folic acid setiap harinya selama 15 tahun menunjukkan bahwa risiko kanker mereka turun sebesar 75%.

Sedangkan wanita yang meminum suplemen selama lebih dari 10 tahun cenderung mengalami penurunan sebesar 20%, seperti yang dilaporkan oleh Annals of Internal Medicine. Saat ini rata-rata kematian karena kanker usus mengungguli kanker payudara dan hanya selisih dua dari kanker paru-paru.

4. Makanlah blueberries untuk menjaga mata serta arteri Anda

Dua pertiga cangkir blueberries mengandung kapasitas sebesar 1.773 IU vitamin E (60 kali pada konsumsi harian yang dianjurkan) dan 1.270 mg vitamin C (21 kali pada konsumsi harian yang dianjurkan). Antioksidan anthocyanin tidak hanya memberi warna pada blueberries, tetapi juga mencegah pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung, ujar Mary Ann Lila Smith, Ph.D., seorang professor vitro technology di Universitas Illinois.

Penelitiannya menunjukkan bahwa blueberries dapat memperbaiki pengelihatan serta memperlambat penurunan macular dengan memperkuat pembuluh darah pada bagian belakang mata. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Boston's Tufts menyatakan rata-rata tikus yang makan blueberries selama dua bulan cenderung lebih cepat, terkordinasi, serta dapat lari dengan terarah menurut Journal of Neuroscience.

5. Mulailah dengan sop

Anda akan mengkonsumsi sedikit kalori jika Anda mulai bersantap dengan semangkuk sop, menurut sebuah studi di Baylor College of Medicine di Houston. Sup panas akan membantu Anda mengisi perut Anda sehingga Anda akan makan lebih sedikit pada menu utama, ujar John Foreyt, Ph.D., seorang direktor pada sekolah penelitian program gizi.

Individu yang mengkonsumsi semangkuk sup cenderung mengalami penurunan berat badan sekitar (sekitar 1,3 pon) dibandingkan yang lainnya selama selang waktu satu tahun.

B. Latihan Mental

6. Catat semua emosi Anda di sebuah secarik kertas

Catatlah setiap tiga menit di jurnal Anda, tulislah ungkapan cinta, atau sekedar catatan kecil ke teman Anda, ujar Pamela Peeke, M.D., asisten klinis professor of medicine di Universitas Maryland, Baltimore, dan pengarang Fight Fat After 40 (Viking, 2000). Terutama saat Anda sedang dalam situasi stress, cobalah untuk menulis emosi Anda dengan perasaan penuh haru.

Para peneliti di Universitas New York di Stony Brook menemukan sedikitnya 47 dari 100 penderita asma dan reumatik pada arthritis pada penelitian tersebut terbukti mengalami penurunan frekuensi serta gejala-gejala pada penyakit yang mereka derita setelah mencatat kejadian-kejadian yang paling membuat mereka tertekan dalam hidup mereka selama empat bulan.

Mereka mencatat sedikitnya selama 20 menit setiap hari pada tiga hari berturut-turut. Tidak satupun dari mereka yang mencatat tentang topik non emosional yang menunjukkan perubahan yang bernilai, menurut sebuah laporan pada Journal of the American Medical Association tahun lalu. Jadi cobalah gali emosi Anda dan jadilah sehat.

7. Nikmati hidupmu dan hiduplah lebih lama

Nikmatilah pertunjukan seni, seperti nonton film, atau sekedar menghadiri konser di akhir pekan. Mungkin Anda bisa hidup lebih lama. Sebuah studi pada 1.200 orang di Swedia menemukan bahwa sekitar 36% masyarakat yang terbiasa menghadiri even-even tradisional cenderung lebih memiliki daya hidup lebih lama dibanding mereka yang jarang menonton even tersebut. Mengapa? Seperti yang dilaporkan di British Medical Journal, seperti bersenang-senang dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu meredakan rasa sakit.

8. Memutar musik dapat menaikkan antibodi Anda

Mendengarkan musik jazz sekitar setengah jam dapat meningkatkan immunoglobulin A sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan infeksi pada pernafasan yang dapat menaikkan sekitar 14%, studi tersebut melibatkan sekitar 66 siswa Universitas Wilkes-Barre, Pennsylvania.

Studi tersebut diterbitkan dalam Journal of Perceptual and Motor Skills. Kenaikan antibodi tidak mempengaruhi frekuensi suhu tubuh menurut IgA. Namun musik yang menenangkan dapat membantu Anda untuk lebih rileks dan mempercepat penyembuhan, ujar Michael G. McGuire, professor dan direktur Music Therapy at Eastern Michigan University di Ypsilanti.

9. Bermain puzzle untuk mencegah penyakit Alzheimer

Melatih otak Anda dapat menurunkan perkembangan penyakit Alzheimer. Sebuah studi terbaru menyatakan sekitar 193 penderita Alzheimer dan 358 orang sehat terutama yang berusia sekitar 70 tahun menunjukkan bahwa mereka yang aktif secara mental pada usia 40 samapai 60 tahun tiga kali lebih berisiko mengalami Alzheimer. Studi tersebut dilakukan oleh Case Western Reserve University di Cleveland, Ohio.

Hal tersebut cukup masuk akal,ujar James Mortimer, Ph.D., seorang direktur Universitas South Florida Institute on Aging.Jika Anda pergi ke sebuah gym dan mengangkat beban, otot Anda akan bertambah besar dan kuat untuk mengangkat lebih banyak beban. Kita sangat terkejut jika Anda tidak melatih otak Anda mulai dini.

Teori tersebut ibarat sebuah batang pohon dimana sel-sel otak akan tumbuh seperti sebuah teka-teki, puzzle, papan mainan, serta permainan yang membutuhkan intelejensi. Kurang menggunakan intelejensi kita seperti sebuah batang yang jatuh dari pohonnya, ujar Mortimer.

10. Pertajam ingatan Anda dengan tidur

Bersandarlah, pejamkan mata Anda, dan cobalah untuk rileks selama beberapa menit yang dapat membantu Anda menjernihkan pikiran. Jika Anda benar-benar tertidur, semua yang Anda lakukan untuk mengurangi strees selalu membuat sebuah perubahan, ujar James B. Maas, Ph.D., seorang professor Universitas Cornell di Ithaca, New York, serta pengarang Power Sleep (HarperCollins, 1999).

Akan lebih baik: Tidurlah selama 15 menit tetapi berkualitas. Orang-orang selalu berkata bahwa mereka tidak punya cukup waktu, tetapi mereka selalu sempat untuk minum kopi. Daripada mengganti waktu tidur Anda dengan secangkir kopi, mengapa Anda tidak mencoba membayar utang tidur Anda dan mengisi ulang tenaga Anda? Sangat mengagumkan, karena Anda akan melalui sisa hari yang lebih hidup dan suasana hati Anda akan kembali baik.

C. Olah Tubuh

11. Berputar untuk mengurangi ketegangan

Jika Anda menderita rasa tegang pada bagian belakang tubuh Anda, ambil bola tenis dan taruhlah pada tempat bolanya kemudian berdiri dengan punggung Anda bersandar membelakangi tembok, taruh bola tenis antara Anda dan dinding, pindahkan punggung Anda mengikuti arah bola pada daerah yang sulit dijangkau. Anda akan merasa seperti di pijat, ujar Dr. John Cianca, seorang asisten professor di physical medicine dan rehabilitasi diBaylor College of Medicine Houston.

12. Jadilah seekor sphinx atau ular kobra untuk meredakan sakit punggung Anda

Melakukan yoga selama tiga menit dengan gaya Kobra atau Sphink dapat meredakan sakit punggung Anda. Berbaringlah dengan perut di lantai, pegang tumit Anda. Jagalah agar pinggang Anda tetap berada di lantai, naikkan tubuh Anda dengan lengan Anda sampai sikut Anda. Latihan ini dapat membantu meredakan sakit otot pada punggung Anda, ujar Dr.Cianca dari Baylor College of Medicine.

Tetapi jika Anda menderita herniated disk atau arthritis, latihan tersebut tidak dapat membantu Anda, segera hentikan jika latihan tersebut membuat Anda terluka.

13. Sunglasses membantu mencegah katarak

Menggunakan sunglasses dapat membantu Anda terhindar dari katarak sampai sekitar duapertiga seperti yang telah ditunjukkan sebuah studi pada 3000 nelayan di Chesapeake Bay. Penelitian tersebut dilaporkan di Journal of the American Medical Association dua tahun yang lalu.

Lensa mata termasuk benda hidup dan sinar ultraviolet dapat membakarnya seperti membakar kulit Anda yang menyebabkan katarak dan gangguan mata lainnya,ujar Anne Sumers, M.D., pembicara dari Ridgewood, New Jersey, ophthalmologist dari American Academy of Ophthalmology.

14. Berjalanlah untuk mengurangi berat badan Anda

Berjalan selama beberapa menit dengan kecepatan pasti dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan saat Anda duduk dan menonton TV. Berjalan sekitar 10 menit setiap hari akan membakar 130 pon pada seorang wanita yang menjalani diet hampir sekitar 5 pon setiap tahunnya jika memang dietnya tidak mengalami perubahan.

15. Banyak berlatih

Anda bisa mendapat hasil yang cepat hanya dengan melakukan tiga latihan dasar utama seperti crunches, push-up, dan squat.

Jika Anda kesulitan melakukan push-up di lantai cobalah untuk melakukannya di dinding sandarkan bahu Anda, dan bagian belakang tubuh Anda.Berdiri menjauhi dinding dan tempatkan kepalan tangan Anda di bawah dan gerakkan bahu menjauhi dinding. Bersandar dan kemudian dorong tubuh Anda tanpa menggerakkan siku ke arah samping.

Untuk latihan perut berbaring dengan wajah menghadap lantai dengan lutut bengkok dan kaki sejajar dengan lantai. Tekuk tangan Anda di depan dada dan gerakkan bahu Anda menuju lutut. Keluarkan nafas melalui mulut saat tubuh Anda naik dan hirup udara melalui hidung Anda saat Anda membungkuk.

Lakukan squat untuk memperkuat pantat dan kaki Anda. Berdiri dengan sejajar bahu dengan kaki menghadap ke depan. Bungkukkan tubuh Anda dengan membiarkan seluruh berat badan pada tumit Anda. Anda akan seperti duduk I sebuah kursi tidak seperti saat Anda mencari sebuah kontak lens, ujar Susan Magee, pelatih pribadi dan manager operasional pada Memorial Athletic Club di Houston.

Jangan terlalu membungkuk pada bagian pinggang Anda dan pastikan Anda tidak membuka jari-jari Anda terlalu lebar. Lakukan latihan tersebut sedikitnya tiga kali seminggu mulai 10 sampai 20 hitungan. Tambahkan set setiap kali Anda berlatih dan beri senggang waktu 15 detik setiap set nya.

D. Mempertahankan Kebaikan

16. Bersikat gigi dan selalu menggunakan dental floss

Buatlah diri Anda kelihatan lebih muda enam tahun dengan selalu menyikat serta membersihkan sela-sela gigi setiap hari, ujar Michael Roizen, M.D., seorang anesthesiologist dan internist pada Universitas Illinois di Chicago. Roizen penulis buku Real Age: Are You as Young as You Can Be? (Cliff Street Books, 1999), menuturkan bahwa penelitian terakhir menunjukkan sebuah hubungan antara bakteri pembusuk yang terdapat di mulut dengan bakteri yang terdapat di tenggorokan. Bersihkan gigi Anda dengan benang gigi setiap hari dapat membuat arteri Anda lebih muda, ujar Roizen.

Laki-laki di bawah usia 50 tahun yang menderita penyakit disekitar daerah giginya cenderung 2,6 kali mengalami kematian prematur dan tiga kali lebih berisiko terserang penyakit jantung dibanding pria yang bergigi serta bergusi sehat.

17. Lawan influenza dengan memberitahu buah hati Anda untuk selalu mencuci tangan

Anak yang terbiasa mencuci tangannya dengan sabun sedikitnya empat kali sehari selalu menghadiri kelas sekitar 75%, dimana 25% karena sakit flu dan 50% karena sakit perut dibandingkan anak yang jarang mencuci tangan.

Penemuan tersebut dilakukan di 305 sekolah dasar di daerah Grosse Pointe Park, Michigan seperti yang dikutip di

Journal of Family Practice.

18. Bumbui masakan Anda untuk membunuh bakteri

Apel yang di pasteurisasi dapat membunuh bakteri. Menambahkan campuran sesendok teh ke dalam 64 sari apel yang belum di pasteurisasi dapat membunuh sekitar 99% bakteri E. Coli yang mungkin ada, terang seorang peneliti microbiology di Universitas Kansas State di Manhattan, Kansas.

Mereka juga menemukan bahwa menambahkan sekitar 3 sendok teh clove pada setiap seperempat pon hamburger juga memiliki efek yang sama. Anda bisa menambahkan lebih banyak clove, cinnamon, bawang putih, dan oregano. Bakteri E. Coli dapat memicu timbulnya keracunan makanan serius, kerusakan ginjal, dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Anda tetap harus memanaskan makanan Anda meskipun bumbu juga dapat membantu, ujar Erdogan Ceylan, seorang asisten peneliti microbiology.

19. Teliti konsumsi obat Anda

Selalu berkonsultasilah pada ahli farmasi Anda tentang pengobatan yang Anda jalani baik herbal ataupun pengobatan yang lainnya,saran David Witmer, Pharm. D., direktur Professional Practice dan Scientific Affairs Division di the American Society of Health-System Pharmacists,Bethesda, Maryland.

Banyak orang tidak menyadari jenis obat yang mereka konsumsi termasuk obat flu, antihistamines, pil KB terutama obat-obatan herbal serta suplemen diet yang biasanya bereaksi pada setiap resep obat,tambahnya.

Interaksi antara makanan, obat-obatan, dan suplemen terbukti dapat menyebabkan kematian, yang telah membunuh sekitar 7.000 orang setiap tahunnya dan 7% rawat inap di rumah sakit, menurut Journal of the Geriatric Society.

20. Periksalah tekanan darah Anda secara rutin

Anda mungkin berisiko mengalami sakit hati yang serius yang terkadang tidak menampakkan gejala apapun jika Anda menggunakan pengobatan kolesterol atau tekanan darah, dan menggabungkannya dengan alkohol atau obat pemati rasa atau memakai tato dan selalu berganti-ganti pasangan seks.

Pada tubuh yang sehat hati yang merupakan organ terbesar dalam tubuh kita penyaring pembuangan, pabrik gizi, serta pengatur sirkulasi darah pada tubuh. Sebuah tes pada hati yang menelan biaya sekitar US$200 dapat menunjukkan apakah hati kita mengalami kerusakan dari karena kelebihan zat besi,iritasi, atau penyakit hepatitis C yang menyebabkan penyanyi Naomi Judd dan vokalis ZZ Top Billy Gibbons berhenti berkarir.

Anda harus melakukan tes dan periksakanlah secara teratur sesuai saran dokter Anda jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit hati atau menderita risiko viral hepatitis. Juga berisiko pada pasien yang menjalani pengobatan atau menjalani aktifitas yang telah disebutkan.

Tes tersebut cukup sederhana dengan mengambil contoh darah Anda, dan Anda harus mengetahuinya, ujar David Brandhagen, M.D., seorang ahli hepatologist di Klinik Mayo. Jika Anda beraksi pada sebuah obat, Anda dapat menghentikan penggunaannnya, karena hati dapat sembuh dengan sendirinya.

Tetapi jika Anda menderita viral hepatitis, Anda harus memeriksakannya lebih lanjut untuk mencegah kerusakan hati jika memang Anda membutuhkan pengobatan. (msn/rita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun