Selasa, 10 Juli 2007

Kenali Gejala Orang Stres di Kantor

Tuntutan pekerjaan yang tinggi, seringkali membuat seseorang stres berat. Kondisi ini masih bisa diperparah dengan faktor lingkungan yang tidak mendukung. Misalnya ruangan kantor yang tidak nyaman, rekan-rekan kerja yang tidak saling peduli, atau bos yang streng. Makanya jangan heran kalau banyak orang stres berkeliaran di kantor Anda. Maklumi sajalah, mereka itu pada dasarnya sedang tertekan dengan kondisi yang tidak sesuai harapan.

Gejala-gejala orang stres pun mudah dideteksi, karena bisa terlihat baik secara fisik maupun psikis. Berikut ini adalah gejala dan tanda-tanda orang yang tengah stres. Nah, mau tau siapa saja orang yang tengah stres di kantor Anda? Coba simak deh gejalanya, siapa tau Anda sendiri salah satunya.

Gejala fisik
Gejala fisik ditandai dengan seringnya sakit kepala yang berlebihan, baik menyeluruh maupun sebagian (migrain). Bahkan kepala terasa mau pecah. Selain itu, terjadi ketegangan pada otot-otot leher dan punggung, sulit bernapas, wajah pucat, serta cepat merasa lelah.

Berlebihan
Di luar gejala fisik, orang-orang yang stres seringkali bereaksi berlebihan. Baik dalam ucapan, memberi komentar, saran maupun permohonan. Hal ini terjadi karena mereka berusaha mencari perhatian orang-orang di sekelilingnya.

Kurang aktif
Orang-orang stres kadang justru terlihat kurang aktif. Sebagian lagi bahkan tidak aktif sama sekali. Mereka terlihat tak bersemangat dan nggak ada gairah untuk menyelesaikan pekerjaan. Makanya orang-orang stres yang termasuk dalam kategori ini kualitas kerjanya sangat buruk. Mereka lebih suka melamun, berkhayal, dan bermalas-malasan. Jika diajak bicara responnya pun sangat lamban. Mereka enggan berbicara apalagi mengeluarkan pendapat. Lebih buruk lagi, mereka jadi sering terlambat ke kantor atau bahkan tidak datang sekalian. Pendek kata, gairah mereka nyaris hilang sama sekali.

Sangat aktif
Sebagian dari orang stres justru menjadi sangat aktif. Aktivitas mereka cenderung tak terkontrol. Mereka gemar berpindah-pindah dari satu meja rekan ke meja rekan lain. Mereka juga suka mondar-mandir ke luar ruangan dan tertawa keras-keras, meskipun tidak ada sesuatu yang lucu. Kadang, mereka terlihat sangat giat bekerja, bahkan tahan berjam-jam di depan komputer tanpa beranjak sedetik pun. Tapi jangan salah, meski terlihat aktif, mereka ini tidak produktif. Karena keaktifannya itu hanya untuk melampiaskan perasaannya yang tertekan.

Nah coba Anda perhatikan, adakah rekan kantor Anda yang mulai terkena gejala-gejala stres? Atau mungkin Anda sendiri? Namun siapapun yang terkena stres, selalu ada cara untuk mengatasinya. Jangan diam aja, cobalah menerima kenyataan dengan lapang dada. Jika hati Anda lapang, tentu ada jalan untuk bangkit dari stres dan keputusasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun