Selasa, 10 Juli 2007



Kiat Langgeng Bekerja

Bisa bertahan lama bekerja di suatu perusahaan merupakan harapan semua karyawan, kecuali bagi karyawan yang sangat pembosan dan selalu membutuhkan suasana baru. Tapi untuk dapat bertahan lama bekerja di suatu tempat adalah hal yang sulit. Memang, ada kalanya karyawan tidak bisa bertahan lama karena hal-hal di luar keinginannya, seperti perusahaan ambruk atau bangkrut dan adanya perampingan karyawan (phk).

Namun terlepas dari masalah bangkrut atau phk, karyawan sebenarnya bisa bertahan lama bekerja. Paling tidak ada kiat tersendiri agar Anda bisa terus bekerja di suatu tempat hingga usia Anda layak pensiun. Berikut ini kiatnya:

Cintailah pekerjaan
Ini merupakan modal utama untuk bertahan lama. Maka mulailah dengan cinta. Dengan cinta, pekerjaan tidak akan menjadi beban. Segala resiko pekerjaan baik yang ringan maupun berat dapat Anda terima sebagai sesuatu yang wajar dan tidak memberatkan. Anda akan selalu tersenyum setiap kali menyongsong pekerjaan. Pokoknya pekerjaan akan terasa 'ringan' dan menyenangkan. Nah Anda yang mulai 'bete' dengan kerjaan Anda, cobalah untuk mencintai pekerjaan Anda saat ini.

Pahami visi dan misi perusahaan
Dengan memahami visi dan misi perusahaan, Anda akan mengetahui secara pasti apa yang harus Anda lakukan. Sehingga apa yang Anda lakukan benar-benar sesuai dengan harapan perusahaan. Tanpa memahaminya, Anda tidak memiliki panduan yang jelas dalam bekerja. Sehingga bisa jadi harapan Anda akan berseberangan dengan perusahaan. Maka, untuk mencegah kemungkinan tersebut pahami visi dan misi perusahaan Anda.

Pahami budaya perusahaan
Bagaimanapun, karyawan adalah tamu bagi sebuah perusahaan. Selama apapun Anda bekerja atau katakanlah Anda sudah layak disebut 'senior' status Anda tetaplah sebagai pekerja atau karyawan yang harus menghormati dan menghargai budaya perusahaan. Anda harus menyesuaikan sikap, perilaku, cara bekerja, bergaul, dsb dengan budaya perusahaan.

Kembangkan hubungan sosial
Jangan lupa, dalam bekerja Anda tidaklah sendirian. Masih ada orang lain yang merupakan rekan kerja Anda. Karena tentu saja kesuksesan karir yang Anda raih tidak terlepas dari keterlibatan mereka. So, Anda tidak boleh mengabaikan mereka. Kembangkan hubungan sosial di lingkungan kerja Anda. Jika hubungan Anda dengan lingkungan terjalin baik maka jalan untuk meraih sukses pun akan lebih mulus ketimbang Anda tidak mengembangkan hubungan sosial.

Kenali atasan Anda
Bagaimanapun, peran dan fungsi atasan sangat menentukan kelangsungan karir Anda. Karena itu, sangat dianjurkan jika Anda mengenali dan memahami atasan Anda baik karakter, watak, sifat, dan keinginan-keinginannya. Dengan demikian Anda tidak kesulitan menyesuaikan diri dengan atasan. Jika Anda berhasil menyesuaikan diri dengannya maka Anda akan lebih mudah bekerja sama dan menjadi tim yg solid dengan bos. Sehingga Anda pun memiliki posisi tawar yang tinggi di mata bos.

Nah, bagi Anda yang ingin bertahan lama di suatu perusahaan, nggak ada salahnya jika Anda ikuti kiat tersebut. Tapi tentu saja ini tidak berlaku bagi Anda yang lebih suka bekerja sendiri atau wiraswasta. So, kalo Anda pengin langgeng bekerja di perusahaan mulai sekarang coba praktekkan kiat di atas. Semoga berhasil...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun