Kamis, 12 Juli 2007

Menghadapi Para Bos di Kantor

Sebagai staf atau karyawan biasa di kantor memang tidak tertutup kemungkinan jika Anda memiliki beberapa bos sekaligus. Karena selain bos Anda langsung, Anda juga memiliki bos di atas bos Anda. Keadaan ini kadang merepotkan karyawan. Pekerjaan yang sudah menumpuk, ditambah perintah dari satu bos dan bos lain menambah pusing kepala.

Akibatnya, maksud hati menyenangkan bos apa daya kondisi membingungkan. Di satu sisi Anda ingin cepat-cepat menyelesaikan tugas dari bos Anda, tetapi di sisi lain Anda juga ingin menampilkan kesan yang baik di mata bos yang lain. Namun kondisi ini memang menyulitkan. Karena bagaimana bisa menghasilkan yang terbaik jika keinginan masing-masing bos pun tidak sama?

Jika Anda mengalami mengalami masalah itu, jangan panik. Menurut Bob Rosner, kolumnis tamu di careerbuilder, ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa tampil oke di hadapan para 'penguasa' di kantor Anda. Simak deh:

Prioritaskan pekerjaan Anda Ketika masuk bekerja
Anda telah menerima job description yang jelas. Bila ditugaskan pada saat bersamaan oleh masing-masing bos, prioritaskan mana yang paling penting - dan sesuai dengan pekerjaan Anda yang utama. Anda juga bisa memprioritaskan pekerjaan dengan melihat bos yang paling berpengaruh dan berkuasa.

Tolak pekerjaan yang bisa 'menenggelamkan' Anda
Sesuai dengan target di tempat kerja Anda, barangkali Anda bisa menolak tugas yang tidak terlalu penting dari bos. Tapi, tentu saja Anda harus punya alasan yang sangat masuk akal untuk menolaknya.

Beri waktu bagi masing-masing bos
Bagaimanapun Anda tetap harus berhubungan baik dengan semua bos Anda -dari yang terpenting sampai yang paling tidak penting. Karena itu, usahakan supaya Anda bisa punya waktu untuk masing-masing bos. Jadi, pada saat Anda terpaksa menolak tugas, mereka tahu pasti bahwa ada sesuatu yang teramat penting yang sedang Anda kerjakan, bukannya karena Anda tidak suka bos itu.

Berhenti menyenangkan semua orang
Memang, sebagai karyawan di awal karir, Anda terbebani dengan perasaan untuk menyenangkan semua bos Anda. Tapi, get real. Tak mungkinlah menyenangkan semua bos di kantor. sama mustahilnya dengan menyenangkan semua rekan kerja di kantor.

Sekarang, nggak perlu bingung dan pusing lagi kan? Pokoknya pandai-pandai lah Anda menghadapi para petinggi-petinggi di kantor. Semoga sukses..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun