Kamis, 12 Juli 2007

Perbaiki Persahabatan Anda

Yulia Dian - detikHot




Tanpa kita sadari kadang kita menyakiti perasaan orang lain. Saat Anda dan sahabat saling menyakiti, biasanya segalanya jadi kacau. Ini dia beberapa tips untuk mendapatkan kembali sahabat baik Anda.



1. Buka komunikasi. Tak ada yang tak mungkin jika Anda bisa berkomunikasi dengan sahabat, jadi apakah Anda bisa memulai perbincangan? Jangan gengsi. Gunakan banyak cara, bisa lewat chating, SMS, email, telepon atau datangi ia langsung.

2. Sampaikan apa yang Anda rasakan dan coba tanya bagaimana perasaannya. Lakukan dengan tenang dan jangan gegabah. Saling terbukalah satu sama lain agar hal seperti ini tak terjadi lagi.

3. Beri ia ruang. Jika komunikasi tak berjalan lancar, salah satu dari Anda atau keduanya terlalu emosional pada saat-saat seperti itu. Biarkan semua tenang dulu sebelum Anda mencoba melakukan hal lain. Kadang, jarak bisa membuat kalian saling merindukan.

4. Coba tempatkan diri Anda di posisi sahabat. Kadang tak selamanya yang kita pikirkan benar. Bagaimana jika Anda di posisinya? Coba pandang masalah yang sedang kalian hadapi lewat perspektifnya.

5. Minta maaf jika Anda salah. Anda pasti berpikir jika merasa bersalah, tapi itu tak berarti Anda bisa bebas menyalahkan teman Anda sesuka hati. Kadang kesilapan datang tanpa kita sadari, tak ada salahnya kok minta maaf duluan.

6. Bicaralah dengan teman yang lain. Mungkin teman Anda yang lain bisa membantu setidaknya jadi mediator seperti halnya perseteruan yang dialami Ahmad Dhani dan Maia. Orang lain mungkin lebih bisa memandang masalah dari dua sisi dan mencari jalan tengah.

7. Terimalah jika persahabatan itu akhirnya harus berubah. Jika segala cara sudah Anda lakukan dan gagal mungkin itulah saatnya Anda sadar bahwa kadang hal terbaik adalah perpisahan. Mungkin ia akan menemukan sahabat yang lebih baik. Jangan pernah ada dendam dan berdoalah untuk kebahagiaannya.(yla/yla)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun