Kamis, 12 Juli 2007

Rencanakan Karir Anda!


Setiap orang pasti pernah bermimpi memiliki karir yang sukses. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan mimpi indah itu. Karena, dalam meniti karir selalu saja ada hambatan yang musti dilalui. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mencapai puncak karir loh.

Paling tidak, banyak hal yang harus Anda persiapkan dalam meniti karir, agar karir Anda sesuai harapan. Semua itu memerlukan perencanaan yang serius dan matang, sejak Anda masih duduk di bangku sekolah hingga Anda berada dalam karir tersebut. Di bawah ini adalah sejumlah saran dalam merencanakan karir:

Pilihan pekerjaan
Tak dapat dipungkiri, tujuan Anda bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Namun hendaknya bekerja juga dijadikan ajang untuk mengaktualisasikan kemampuan, minat dan bakat. Karena itu, dalam merancang karir, Anda harus memperhatikan ‘pilihan pekerjaan’. Dalam hal ini Anda tidak bisa main-main, Anda membutuhkan kesungguhan. Usahakan memilih jenis pekerjaan sesuai latar belakang pendidikan, minat, bakat, kemampuan, dan keahlian. Dengan demikian, Anda dapat bekerja secara maksimal dan berpeluang besar untuk sukses meraih jabatan yang tentunya akan diikuti kesuksesan materi.

Kerja keras
Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa kerja keras. Tapi sampai detik ini banyak orang yang ingin meraih kesuksesan dengan jalan pintas. Mereka ingin langsung berada di puncak karir tanpa perlu bersusah payah. Padahal sesungguhnya sukses tidak pernah bisa diraih dengan seketika. Anda harus melalui serangkaian proses untuk mencapai sebuah kesuksesan. Dan di dalam proses itu Anda harus bekerja keras. Ingat, jangan hanya melihat seseorang ketika sedang sukses saja. Tapi coba lihat, bagaimana cara dia agar bisa mencapai sukses. Lagipula jika kesuksesan yang Anda raih merupakan hasil kerja keras Anda, Anda akan menjadi sosok yang kuat mental, tangguh, dan ‘tahan banting’.

Konsistensi
Jika Anda ingin meraih karir sampai di puncak sebaiknya Anda konsisten dalam memilih karir. Misalnya, sekali Anda memilih bekerja di bidang perbankan maka pertahankan pilihan ini. Sehingga Anda dapat terus mendaki karir sampai ke puncak. Jika Anda selalu berganti-ganti profesi, maka kesempatan Anda untuk sampai di puncak jelas terhambat. Jika suatu saat Anda merasa jenuh, Anda bisa saja mempelajari bidang lain namun jadikan bidang lain itu sebagai pelengkap atau penambah keahlian Anda yang sudah ada. Siapa tau bisa membantu peningkatan karir Anda.

Pengembangan diri
Pengembangan diri pribadi juga merupakan hal yang sangat penting dalam meniti karir. Jangan biarkan keahlian atau ketrampilan Anda mandeg karena tidak pernah Anda asah dan tingkatkan. Maka usahakanlah untuk selalu menambah pengetahuan, baik dalam soal pekerjaan maupun pengetahuan lainnya. Misalnya, jika profesi Anda sebagai sekretaris, Anda perlu menambah pengetahuan manajemen surat menyurat atau yang berhubungan dengan tugas sekretaris. Anda yang berkarir di bank perlu mengetahui informasi pasar uang, trend bursa saham, penanaman modal, anggaran keuangan, dll. Pendek kata, dalam bidang apapun Anda bekerja, pengembangan diri mutlak perlu. Jangan pernah merasa puas dengan ketrampilan atau pengetahuan yang Anda miliki.

So, Anda yang tengah bersiap-siap memasuki dunia kerja, rencanakan karir Anda dengan matang. Wujudkan mimpi dan khayalan indah Anda mencapai puncak karir. Bagi Anda yang sudah memasuki dunia kerja, tingkatkan terus karir Anda. Sehingga apa yang menjadi cita-cita Anda bukan cuma rencana belaka. Good luck..!

1 komentar:

  1. Meniti karir itu memang penting, apalagi kalo dimulai sejak dini.
    Saya baru saja browsing di internet, dan menemukan satu website bagus untuk melamar kerja.
    Namanya www.jobkita.com.
    Kelebihannya dibanding website yang lain adalah disini gak ada lowongan dari perusahaan perusahaan yang gak jelas , dan ada career service yg ditulis orang indonesia (bayangin, pres dir nya lowe lintas aja nulis artikel)

    Jadi, kalo mau cari kerja, www.jobkita.com is highly recommended

    BalasHapus

silahkan beri Komentar sehat dan membangun