Kamis, 12 Juli 2007

Trend Karyawan Masa Kini


Seperti halnya dunia mode, kriteria karyawan di perusahaan juga mengenal 'trend'. Kalau dulu perusahaan cukup puas dengan karyawan yang mampu dan rajin bekerja, belakangan ini karyawan harus memiliki sepaket modal yang lebih complete untuk menjadi sumber daya yang diandalkan. Memang, menjadi karyawan yang diandalkan tidaklah mudah. Dan hanya pribadi yang bisa mengikuti trend karyawan masa kini lah yang bisa bertahan di era globalisasi ini.

Mau tau nggak, kaya apa sih sih trend karyawan masa kini? Bagi yang pengin tau jawabannya, coba simak point-point penting berikut ini:

Inisiatif, inovatif, dan kreatif
Bagaimanapun perusahaan lebih menyukai karyawan yang inisiatif dan inovatif. Karena umumnya, mereka yang penuh inisiatif dan inovatif mampu menciptakan terobosan-terobosan baru yang bermanfaat bagi perusahaan. Terlebih di jaman global saat ini, perusahaan tidak bisa mengandalkan karyawannya yang patuh tetapi pasif. Karyawan yang inisiatif, inovatif plus kreatif lebih menarik bagi banyak perusahaan. Tentu saja sepanjang bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Tidak mudah stres dan bisa having fun
Karyawan yang andal selalu gigih dalam bekerja. Mereka tidak mudah menyerah dan putus asa. Dan karyawan-karyawan yang tidak mudah putus asa juga tidak mudah stres. Dalam bekerja mereka bisa enjoy dan bisa having fun. Mereka sangat menikmati pekerjaan seperti halnya menikmati hidup. Mereka-mereka inilah yang bisa bertahan dengan karirnya. Karena mereka bisa menghayati dan melakukan pekerjaan tanpa sedikitpun merasa terbebani.

Kompetitif
Jaman sekarang, mau nggak mau karyawan harus memiliki jiwa dan sikap kompetitif yang tinggi. Apalagi kini persaingan semakin ketat dan sengit. Anda yang berjiwa kompetitif bisa menjadi petarung yang hebat. Dengan jiwa kompetitif, anda juga akan lebih peka terhadap persaingan yang ada. Sehingga anda nggak akan ngeper menghadapi persaingan apapun.

Supel
Pribadi yang supel, biasanya bisa diterima di lingkungan manapun. Termasuk, di lingkungan kerja. Karyawan yang supel mudah diterima oleh atasan maupun rekan kerja. Pribadi yang mudah bergaul mampu menyesuaikan diri dengan siapa saja yang baru dikenalnya. Nggak heran kalau orang yang supel selalu banyak teman. Rata-rata orang di lingkungannya mengenalnya dengan baik. Sikap supel ini membuat anda mudah meraih simpati dari rekan-rekan di lingkungan kantor anda, termasuk simpati atasan.

Cerdas
Apapun bidang yang anda geluti, untuk bisa sukses anda harus i>smart. Caranya tentu saja anda jangan pernah berhenti belajar. Belajar, belajar, dan belajar adalah satu kata agar anda menjadi ahli di bidangnya. Selain itu dengan belajar, intelegensia anda akan semakin terasah. Dan hal ini membuka peluang bagi anda untuk menjadi karyawan yang diandalkan plus dipertahankan.

Bermoral
Moral yang baik, sejak dulu hingga kini selalu dibutuhkan dimanapun berada. Terlebih di lingkungan kerja. Karena percuma saja kalau anda cerdas, cakap, ahli, dan mampu kalau moral anda negatif. Anda tidak akan pernah bisa dipercaya jika anda tidak punya etika dan punya moral korupsi.

Jangan gatek
Di jaman teknologi informasi, karyawan yang tidak mengerti teknologi sama sekali jelas bukanlah karyawan yang diharapkan oleh perusahaan. Saat teknologi terus berkembang anda dituntut untuk mengikuti perkembangannya. Karena hal ini berkaitan dengan karir anda. So, jangan sampai anda menjadi karyawan yang gatek (gagap teknologi). Bagaimana anda bisa diandalkan di kantor jika anda tidak bisa mengoperasikan komputer dan tidak mengerti internet?

Ingat, semakin lama, kriteria perusahaan terhadap karyawannya akan semakin tinggi. Maka jangan pernah berhenti untuk mengasah kemampuan, intelegensia, keahlian, kecakapan dan moral anda. Satu lagi hal yang tak kalah penting, jagalah kesehatan! Lagipula sejak dulu mana ada sih perusahaan yang mau beresiko menerima karyawan yang sakit-sakitan? Secanggih apapun otak anda, anda akan sulit maju jika tidak sehat. So, jaga, peliharalah, dan tingkatkan semua hal berharga milik anda.
Nah, sudahkah anda menjad karyawan masa kini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun