Senin, 26 November 2007

Bukan Apa, Tapi Bagaimana Yang Penting

Oleh : Ponijan Liaw - National Bestselling Author of Communication & Zen Series

Setiap orang dinilai dari empat interaksinya dengan orang lain menurut Dale Carnegie, seorang public speaking trainer: what we do, how we look, what we say, and how we say it.

Dalam kaitannya dengan komunikasi, keempat interaksi itu nyata memberikan dampak yang luar biasa terhadap keberhasilan seorang komunikator. Apa yang kita lakukan di hadapan pendengar kita, penampilan kita (cara berbusana), apa yang kita katakan sampai dengan cara kita menyampaikannya, sudah pasti menjadi ukuran dan evaluasi yang dilakukan oleh pendengar/orang yang diajak berbicara terhadap diri kita.

Jika pelaksanaan kita dalam keempat faktor itu negatif, sudah pasti hasilnya akan negatif pula demikian sebaliknya. Kesemua faktor itu saling berkaitan dan saling mendukung keberhasilan seseorang dalam menyampaikan pokok pikirannya. Sering kita temui dalam kelas, seminar, training, workshop, para guru/pembicara/trainer/instruktur kerap melalaikan hal-hal di atas. Ada yang berpenampilan seadanya, ngomong seadanya, cara bicara yang tidak memakai kaidah kesopanan dan terkesan arogan.

Pada umumnya, peserta latih merasa risih berhadapan dengan pelatih seperti itu. Dengan demikian, rasa simpati sudah sirna sejak awal perkenalan, sehingga hasil selanjutnya sudah dapat ditebak. Percakapan menjadi kurang konstruktif karena ketidakpedulian pada faktor situasional dan kondisional.

TIPS

Berikan perhatian khusus kepada penampilan, sikap, isi percakapan dan cara menyampaikannya. Keempat faktor tersebut akan memberikan kesan mendalam kepada pendengar kita bila dilakukan dengan baik dan simultan.

---------------------------------------

Untuk referensi lebih lanjut, silahkan baca 2 buku penulis lainnya tentang komunikasi:

1. The Art of Communication that Works - Komunikasi yang Berhasil

2. Understanding Your Communication Styles - Memahami Gaya Komunikasi Anda

Untuk informasi & pelatihan, hubungi penulis di: ponijan@central.net.id