Kamis, 15 November 2007

Gemuk Hilangkan Risiko Pikun

Amelia Ayu Kinanti - detikHot

Terlalu gemuk tentu saja tak sehat. Tapi tahukah Anda gemuk yang sehat bisa membantu menghilangkan risiko terserang penyakit pikun. Benarkah?

Gemuk yang sehat adalah ketika seseorang kelebihan berat badan sekitar 5-15 kilogram dari standar. Jika seseorang kelebihan berat badan beberapa kilo dari berat idealnya malah akan mengumpulkan banyak keuntungan secara medis.

Kelebihan berat badan atau overweight seringkali disebut-sebut sebagai penyebab menurunnya kualitas kesehatan seseorang. Namun Studi terbaru yang dilakukan Center for Disease Control and Prevention, Atlanta, Amerika Serikat menemukan fakta yang mengejutkan.

Dari hasil penelitian terungkap bahwa orang-orang dengan berat badan yang berlebih ternyata malah terhindar dari
beberapa penyakit. Fakta tersebut diungkapkan oleh Katherine Flegal, dokter yang menjadi ketua tim penelitian.

Penelitian dilakukan terhadap 2.4 juta warga dewasa Amerika Serikat, tahun 1971-2004. Hasil penelitian itu menyebutkan bahwa kegemukan dapat melindungi seseorang beberapa penyakit seperti TBC atau Alzheimer (kepikunan.red).

Sebaliknya, kegemukan atau obesitas berisiko besar terjangkit penyakit diabetes dan ginjal. Kegemukan dengan berat badan melebihi 15 kg dari berat ideal juga berisiko besar terjangkit bermacam penyakit termasuk kanker dan penyakit jantung.

Dari klasifikasi penyakit kanker, kanker payudara dan kanker ususlah yang paling banyak menyerang orang yang obesitas, dari seluruh korban yang meninggal akibat penyakit itu, 11 persennya obesitas.

Walaupun obesitas dapat mencegah beberapa penyakit, dokter Katherine tetap menganjurkan pola hidup yang sehat. "Makanlah secara teratur, berolahraga dan jangan merokok," tegasnya, kutip detkhot dari NewsVOA, Rabu (13/11/2007). (yla/yla)