Jumat, 09 November 2007

Jurus Ampuh Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Dimana ada kemauan, selalu ada jalan. Ingin meningkatkan rasa percaya diri bukan dengan benda bermerek yang melekat di tubuh Anda? Kami punya caranya. Dijamin Anda akan menjalani hidup penuh dengan rasa optimis!

1. Akui Kesuksesan
Luangkan beberapa menit setiap harinya untuk melihat hal-hal baik yang telah Anda lakukan pada hari itu. Saat anda mencoba menghargai usaha yang telah dilakukan, sekecil apapun itu, Anda akan selalu mengingat bahwa Anda punya kualitas terbaik sebagai bekal tampil percaya diri. Siapkan jurnal di samping tempat tidur. Jangan lupa setiap malam luangkan beberapa menit membuat daftar pencapaian pada hari itu. Saat anda mulai hilang percaya diri, baca ulang jurnal tersebut dan ingatlah betapa hebatnya Anda.

2. Bergaul dengan orang-orang positif
Jangan bergaul dengan orang yang hanya pintar mengritik tanpa memberi solusi. Bertemu dengan orang-orang ini hanya membuat kita selalu berpikir negatif. Cobalah berkumpul dengan orang yang punya pikiran positif, suka membantu dan menghargai Anda apa adanya

3. Berbusana yang baik
Tak harus menghabiskan gaji sebulan untuk meningkatkan harga diri. Cukup pilih busana yang membuat Anda nyaman dan menjadi lebih percaya diri karenanya. Butuh nasihat perihal berbusana? Minta nasihat teman yang Anda sukai caranya berbusana agar Anda juga dapat meng'upgrade penampilan tanpa perlu menirunya mentah-mentah.

4. Ikuti perkembangan berita
Agar 'nyambung' saat ngobrol, pastikan Anda mengikuti perkembangan berita terkini juga tren apa yang tengah berlangsung. Luangkan beberapa menit dalam sehari membaca koran untuk menyimak berita-berita terkini, lokal maupun internasional. Melongok majalah-majalah yang menarik atau melayari internet akan memberi ide-ide baru yang menyegarkan.

5. Tetapkan target realistis
Cara terbaik untuk meraih rasa percaya diri adalah membekali diri dengan rencana pasti. Setiap hari, ketimbang Anda sibuk menghitung-hitung kegagalan yang sudah dilakukan, lebih baik tetapkan target realistis yang bisa dituntaskan yang mendapat perhatian secara penuh. Saat target ini berhasil, berikan penghargaan pada diri-sendiri.

6. Asah kemampuan berbicara
Saat Anda mampu menyampaikan isi pikiran lewat perkataan, Anda mendapatkan rasa percaya diri agar ide Anda didengar. Agar percakapan berlangsung lancar, buatlah daftar/alur yang ingin dibicarakan. Pikirkan apa yang ingin Anda capai di akhir percakapan dan atur waktu untuk membahas hal tersebut. Persiapan prima akan membuat Anda yakin menjalankan semua tugas.

7. Bercerminlah
Untuk membangun rasa percaya diri, cobalah mencintai diri-sendiri. Berdirilah di depan cermin dan pandanglah diri Anda dari sudut pandang yang oke. Dengan membingkai gambaran ini dalam pikiran Anda, siapapun bakal sulit menggoyang Anda!