Selasa, 20 November 2007

Instant Money

Oleh : Nathalia Sunaidi


Beberapa bulan terakhir ini saya membantu pacar saya, Gunawan, menulis sebuah buku tentang Trading Options. Di buku itu ia memaparkan bagaimana cara mendapatkan profit trading seperti mendapatkan paycheck/gaji, yaitu profit yang konsisten, seperti yang telah ia lakukan dalam tradingnya selama bertahun-tahun.

Rencananya buku itu akan diterbitkan awal tahun 2008. Dalam penulisan buku itu saya membaca buku-buku yang berhubungan dengan options dan investasi. Saya juga memperhatikan advertorial-advertorial tentang seminar-seminar yang mengajarkan trading options. Dalam iklan-iklan tersebut banyak sekali dinyatakan kesaksian-kesaksian para peserta seminar yang langsung mendapatkan profit yang melambung dalam tradingnya, tentu setelah mengikuti seminar yang diiklankan itu J.

Seolah semua itu menggambarkan sebuah dunia trading options adalah negeri ajaib di mana jika kita masuk ke dalamnya maka apa pun yang kita sentuh akan bisa menjadi emas. Pertanyaannya adalah, berapa persen dari semua peserta seminar itu yang bisa mendapatkan profit setinggi langit itu? Dan seberapa sering profit yang setinggi langit itu didapatkan atau apakah hanya satu kali itu saja? Bahasa-bahasa iklan tersebut membuat kita terbuai dan mengira begitu mudah mendapatkan banyak uang dalam waktu singkat dan bisa secara ekspres meraih kekayaan.

Sehingga, ketika mulai terlibat aktif di dalamnya, dan kita menemukan ternyata tidak mudah mendapatkan uang setinggi langit dan malah kehilangan uang, kita akan merasa sangat kecewa dan gagal. Saya menanyakan pertanyaan di atas bukan untuk mendiskreditkan siapa pun. Saya menanyakan itu karena sekarang banyak sekali kisah dongeng yang bermunculan terutama tentang uang dan cara menjadi kaya secara cepat.

Semua itu membuat kita mengira kaya itu mestinya instant dan gampang. Sehingga timbul pemikiran pasti ada yang salah dalam diri kita jika ternyata kita tidak gampang menjadi kaya apalagi malah masih bekerja keras dalam hidup ini. Pikiran kita sudah terbuai dengan angka-angka uang setinggi langit yang mestinya sangat mudah kita dapatkan. Kita menjadi terbius dengan konsep yang salah tentang sebuah mimpi financial freedom. Yang ternyata pemahaman yang salah itu telah membuat kita anti kerja keras dan menganggap kerja keras adalah kerjaannya orang bodoh yang tidak work smart. Trading options memang membuka peluang bagi siapa saja untuk bisa mendapatkan uang bahkan income yang cukup besar, jika kita tahu caranya. Dan untuk mengetahui caranya itu dibutuhkan sebuah mental kerja keras untuk mau belajar dan sabar, bukannya sebuah mental yang maunya mendapatkan duit banyak dalam waktu yang cepat dan dipastikan orang-orang seperti itu adalah orang-orang yang paling banyak kehilangan uang di pasar trading.

Bagi seorang trader options yang telah melewati tempaan dan pembelajaran, mendapatkan uang ribuan dollar dalam satu kali trade sangatlah mungkin. Kemampuan seperti itu tidak jatuh dari langit tapi setelah melalui sebuah proses pembelajaran dan waktu yang tidak singkat. Berbagai strategi dan sharing pengalaman trading merupakan informasi yang menguntungkan bagi kita. Para trader merangkum pengalaman tradingnya selama bertahun-tahun dan memberi tahu kita strategi yang digunakannya dalam mendapatkan income di pasar trading. Semua itu membuka mata dan mengefisienkan waktu belajar kita. Tapi bukan berarti sharing pengalaman keberhasilan itu membuat kita memusnahkan proses alami, yaitu belajar dan bekerja keras, dalam pencapaian keberhasilan, yang tentunya sudah dilewati oleh para trader yang berhasil itu.

Jadi jika Anda merasa tidak semudah itu mencari uang dalam trading options atau dalam bidang apa pun dan masih harus bekerja keras dalam hidup ini, jangan salahkan diri Anda, itu proses yang alami. Tidak ada pil ajaib yang hanya perlu ditelan maka Anda langsung menjadi kaya. Semua ada prosesnya, menjadi kaya pun ada prosesnya. Ikuti prosesnya, belajar… belajar… belajar… dan mau bekerja keras… bekerja keras… bekerja keras memperjuangkan keberhasilan!