Selasa, 20 November 2007

Bangun Tim Kerja yang Solid

Yulia Dian - detikHot

Pernahkah mendapatkan tim kerja yang melempem? Rasanya pasti tak menyenangkan dan kurang semangat! Demi hasil kerja yang baik, bangun tim solid Anda.

Kebanyakan proyek kerja pasti ditangani oleh sebuah tim. Sebelum memperkenalkan sebuah produk atau layanan, tim kerja yang sesuatu haruslah dibangun. Kenyataannya, sukses sebuah proyek memang ditentukan dari tim dibelakangnya.

1. Tentukan apa tujuan dibentuk tim dan hasil akhir apa yang ingin dicapai. Anda harus menuliskan rencana bisnis yang akan menangani misi dari tim dan pengharapan dari manajemen. Semua anggota tim harus punya kopian dokumen tersebut.

2. Tentukan siapa saja yang akan berada dalam anggota tim. Setelah tujuan akhir ditemukan, tambahkan beberapa orang kolaborator yang bisa membantu tercapainya gol. Anggota tim tak hanya terpatok pada karyawan saja, mereka bisa dari konsultan atau freelance dengan keahlian spesial.

3. Tentukan ketua tim. Pastikan ia berpengalaman dan punya tipe kepemimpinan. Ia harus bisa membuat anggota timnya hormat dan saling mendukung.

4. Tentukan tugas dari para anggota. Paparkan tugas tiap anggota dalam sebuah dokumen dan suruh mereka menandatanganinya bila setuju. Sertakan juga hasil akhir yang harus dicapai oleh tiap anggota. Jangan lupa tuliskan juga semua ketentuannya dengan lengkap. Pastikan semua anggota memahami job desk yang diberikan.

5. Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan antaranggota tim. Sukses sebuah tim juga ditentukan oleh hubungan kerja yang baik dan tim bisnis harus menciptakan hubungan yang hangat dengan cepat.

6. Setiap anggota tim harus dilengkapi dengan sumber dan perlengkan untuk memadai kerjanya. Ini mungkin bisa bersifat seperti posisi sementara yang lebih tinggi dari biasanya seperti akses untuk membuka file atau tempat terlarang di gedung. Tujuannya agar memudahkan orang tersebut melakukan pekerjaan tanpa harus menunggu izin.

7. Tingkatkan kualitas kerja Anda selama berproses menggarap proyek tersebut. Dari sini Anda bisa memberikan penilaian terhadap kemampuan kerja Anda sendiri. Jika perlu tuliskan dan lihat lagi bagaimana perkembangan Anda.
(yla/yla)