Senin, 26 November 2007

Air Dalam Tempat Anggur

Suatu desa akan mengadakan pesta besar-besaran. Untuk itu setiap penduduk diminta untuk menyumbangkan sebotol anggur. Telah disediakan sebuah tong besar di tengah lapangan desa tempat setiap penduduk memasukkan minuman anggur mereka.

Kemudian setiap hari penduduk desa itu berduyun-duyun menyetorkan aggur milik mereka ke dalam tong itu.

Pada hari yang telah ditentukan, semua penduduk berkumpul di lapangan desa dengan pakaian yang indah. Suasana sangat ramai dan meriah. Kemudian, kepala desa naik ke atas mimbar dan membuka kran tong tempat menyimpan anggur itu.

Betapa terkejutnya mereka ketika yang keluar dari tong itu adalah air biasa,bukan anggur sebagaimana yang mereka harapkan

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Ternyata, salah seorang penduduk berpikir seperti ini: "Seandainya saya tidak memasukkan sebotol anggur tetapi hanya sebotol air biasa ke dalam tong raksasa ini, maka tentu tidak seorang pun yang akan merasakannya.

Apalah artinya sebotol air dibanding satu tong penuh anggur!"Sayangnya ia tidak menyadari bahwa semua orang di desa itu mempunyai pikiran yang sama: yaitu menyumbangkan sebotol air.

Maka, tong tempat anggur itu pun enuh berisi air biasa.

Bila kita berharap orang lain melakukan apa yang semestinya kita lakukan, jangan heran bila orang lain mungkin jugaberpikiran sama.
Maka, semua orang pun takkan mendapatkan apa-apa.
Dan takperlu saling menyalahkan orang lain.
Sebuah kemajuan tidak ditentukan olehprasangka, melainkan tindakan nyata.

Dari artikel DJODI ISMANTO