Sabtu, 16 Februari 2008

Kisah Para Jendral

Suatu hari ada seorang prajurit naik pangkat menjadi kopral pada PD II, laludengan bangganya ia memamerkannya pada semua temannya, pada suatu ketika iamelihat seorang di depannya lalu dengan sombong ia berkata "Hei teman mintaapinya dong!" lalu orang tersebut menyalakan rokok sang kopral lalu pergidari situ.

Temannya yang sedang berada di situ juga langsung menghampirinya dan berkata "Apa kau sudah gila? Kau tau siapa orang itu?" Jawab sang kopral lugu "Tidak!" Lalu temannya berkata "Itu Jendral Eisenhower tau!"

Lalu dengan panik sang kopral mengejar sang jendral lalu meminta maaf berulang-ulang. Kemudian sang jendral berkata dengan bijak "Tidak apa-apa nak, kau pasti baru saja naik pangkat, saya mengerti. Tapi camkan baik-baik! Jangan kau coba melakukan hal itu kepada seorang letnan!"

****

Alkisah pada sebuah perpustakaan ada Napoleon Bonaparte sedang mencari buku, karena letaknya tinggi beliau tidak sampai (Napoleon tidak tinggi) lalu melihat keadaan itu seorang letnan membantu beliau mengambilkan buku tersebut.


Lalu Napoleon berterima kasih, dan letnan itu menjawab "tidak apa-apa Tuan,kebetulan saya memang lebih tinggi dari pada Tuan", lalu balas Napoleon dengan sangat serius "Anda tidak pernah lebih tinggi dari pada saya, Anda memang kebetulan lebih panjang".


***


Pada waktu perang kemerdekaan Amerika serikat, pasukan amerika dan perancis dibawah Jendral Washington mengalami keadaan yang berat, pada waktu sedang pindah lokasi di tengah hujan deras ada pohon yang melintang di jalan, laluprajurit-prajurit dikerahkan untuk memindahkan pohon tersebut.

Setelah agak lama mencoba pohon tidak bergerak juga, lalu ada seorang membuka bajunya dan membantu prajurit-prajurit tersebut. Pohon itu berhasil dipindahkan, seorang prajurit yang memindahkan pohon tersebut berkata pada temannya

"Coba dari tadi tu orang nolongin kita langsung jalan lagi deh", lalu temannya membalas

"Itu tadi Jendral Washington yang buka baju menolong kita"

"Cxweifih vhreighrhfh . . . . .

by DJODI ISMANTO