Senin, 20 Agustus 2007

Persiapan Hadapi Psikotest


Anda pasti pernah mengikuti test psikologi atau psikotest dalam proses rekruitment karyawan. Memang, sebagian besar perusahaan, terutama perusahaan besar, belakangan ini sering mengadakan psikotest untuk menyeleksi calon karyawan yang terbaik. Tujuan dari psikotest ini adalah untuk mengenal calon karyawan lebih mendalam. Sehingga akan ditemukan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Melalui psikotest akan diperoleh gambaran mengenai beberapa aspek dari calon karyawan seperti potensi kecerdasan, intelegensia, kepribadian menyangkut kepercayaan diri, kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan atau sosialisasi, motivasi kerja, serta visi dan misi calon karyawan.

Kenapa perusahaan perlu melakukan psikotest? Karena terlalu kecil kemungkinannya untuk mengetahui potensi dan kemampuan karyawan hanya berdasarkan CV. Biasanya setelah psikotest pun masih perlu dilakukan test interview atau wawancara untuk mengetahui potensi calon karyawan secara lebih lengkap.

Makanya, untuk mengikuti sebuah psikotest anda perlu serangkaian persiapan. Apalagi psikotest umumnya dilaksanakan hampir seharian sejak pagi hingga sore hari. So, biar anda nggak bete mengikuti psikotest, simak kiatnya berikut ini:

- Sebagai bekal mengikuti psikotest, charge otak anda dengan membaca-baca buku tentang psikotest. Pelajari teknik mengerjakannya dengan baik. Bisa juga anda tanyakan pengalaman teman anda yang sudah pernah mengikuti psikotest.

- Sebelum mengikuti psikotest anda harus cukup istirahat. Jangan tidur terlalu larut dan jangan melakukan kegiatan yang menguras tenaga. Sempatkan diri anda untuk mengkonsumsi makanan sebelum mengikuti psikotest. Soalnya konsentrasi anda akan terganggu jika saat psikotest perut anda keroncongan. Pokoknya anda harus sehat secara fisik dan mental agar anda 'siap tempur'.

- Dengarkan instruksi atau perintah mengerjakan soal dengan seksama. Perhatikan juga contoh-contoh yang diberikan. Jangan sekalipun mengabaikan instruksi, karena cara anda menjawab soal tergantung instruksi yang diberikan. Misalnya untuk soal menggambar, biasanya anda dilarang menggambar pohon kelapa dan pohon beringin. Maka turutilah instruksi tersebut.

- Jangan lupa, tuliskan nama anda dengan jelas di atas kertas jawaban. Biasanya disertai dengan tanggal dan nomor peserta. Karena ada juga loh yang lupa menuliskan nama saking semangatnya mengerjakan soal. Sekali anda lupa maka gugurlah anda.

- Perhatikan jatah waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal psikotest. Jangan sampai anda terlambat mengerjakan dan menyelesaikan jawaban. Usahakan agar semua soal terjawab hingga waktu yang diberikan habis.

- Jika anda telah menyelesaikan jawaban, sementara waktu untuk mengerjakan masih tersisa, manfaatkan waktu anda untuk mengkoreksi jawaban anda. Pastikan bahwa jawaban yang anda berikan adalah jawaban yang paling tepat.

Sekarang anda udah siap kan mengikuti psikotest? Ingat, dari hasil psikotest ini akan diketahui sejauhmana kesesuaian anda dengan kebutuhan perusahaan. Kalau anda lolos psikotest siap-siap aja mengikuti test selanjutnya seperti wawancara. Selamat bertempur..!