Kamis, 01 November 2007

Kerja Bareng Mantan? Kenapa Tidak!

Yulia Dian - detikHot

Mantan pacar masuk dalam dunia kerja Anda? Jangan khawatir, sebaiknya sikap profesional ditegakkan dalam masalah ini. Tapi simak juga tips berikut.

Berakhirnya hubungan cinta kadang menyisakan sedikit luka. Tapi bagaimana juga ternyata Anda harus menghadapi luka itu di kantor? Mantan Anda adalah rekan kerja atau mungkin kini ia baru saja dinobatkan sebagai rekan kerja proyek baru?

Momen ini bisa jadi peristiwa paling sulit karena dalam kondisi seperti ini tidak hanya kondisi emosional yang terganggu tapi juga karir Anda dalam bahaya. Tapi ada sedikit harapan, Anda bisa jadi rekan kerja yang super solid. Coba simak dulu tips di bawah.

1. Jadilah profesional dan kendalikan diri Anda ketika berada di kantor, lupakan soal hati dan fokus terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan selama jam kantor. Terimalah kenyataan bahwa ia kini kolega Anda.

2. Mungkin ada baiknya Anda membicarakan kondisi ini dengan mantan pacar. Katakan bahwa Anda ingin melupakan masa lalu dan hal itu sebaiknya tidak mempengaruhi pekerjaan Anda berdua. Hindari membicarakan hal yang sensitif. Menciptakan perasaan di tempat kerja malah bikin segalanya berantakan.

3. Bersikaplah dewasa karena ini penting untuk pekerjaan dan kebahagiaan Anda berdua. Jika mantan pacar tidak bersikap dewasa jangan termakan tingkahnya. Bersikaplah biasa dan berharaplah ia akan melakukan hal yang sama.

4. Jangan sebarkan isu tentang diri sendiri. Kalau bisa usahakan rekan kerja lain tak perlu tahu bahwa ia adalah mantan pacar Anda. Coba untuk seprofesional mungkin memisahkan masalah pekerjaan dan asmara. Jangan mendekati pegawai lain, jangan membicarakan soal masa lalu dan soal perpisahan.

5. Beri waktu untuk pulih dari rasa sakit hati. Keadaan tidak akan membaik begitu saja dengan mantan, tapi jika Anda sabar, Anda akan membangun hubungan kerja yang baik. Perbedaan wajar saja bila terjadi, tapi itu bukan akhir dari segalanya. (yla/yla)