Kamis, 16 Agustus 2007

SEGITIGA BISNIS

Saya sering mendapat banyak pertanyaan tentang bagaimana caranya memulai berbisnis, termasuk saat saya menjadi pembicara seminar maupun fasilitator pelatihan untuk eksekutif Mitsubishi.

Tapi sebelum berbicara tentang bagaimana memulai berbisnis, ada baiknya kita coba memahami tentang konsep bisnis dengan cara yang paling sederhana dan mudah. Sehingga berbisnis tidak menjadi sesuatu yang menakutkan, tapi justru menjadi hal yang menyenangkan.

Berdasarkan berbagai teori dan pengalaman yang saya alami, saya akan mencoba menjelaskan tentang bisnis secara sederhana. Yaitu dengan apa yang saya namakan “Segitiga Bisnis”.

Ilustrasinya seperti berikut:



Rekan-rekan, sebenarnya kalau kita bicara bisnis, hanya ada 3 fungsi utama yang harus kita siapkan, sebagaimana terlihat dalam gambar di atas.

Pertama, MARKETING. Di sini kita akan banyak membahas tentang market segmentation, market size, market characteristic, competitor & competition, networking development, marketing strategy, negotiation, customer satisfaction.

Banyak referensi yang bisa kita pelajari tentang hal-hal tersebut, seperti Instant Series karya Brad J. Sugars (Instant Leads, Instant Promotions, Instant Sales, Instant Profit, Instant Cashflow, dll), Marketing in Venus karangan Hermawan Kartajaya, Lateral Marketing yang ditulis Kotler, dan masih banyak lagi. Cari aja di toko buku dech.

Kedua, PRODUKSI. Dalam hal ini kita akan membahas tentang produk unggulan, competitive advantage (product positioning, product differentiation, dll), quality control, product development, distribution channel.

Banyak juga referensi yang bisa dipakai untuk memperdalam tentang masalah produksi ini, seperti buku mengenai Manajemen Produksi, Manajemen Mutu, Manajemen Operasi, Manajemen Distribusi. Silakan cari aja di toko buku, atau pinjam aja ke teman.

Ketiga, OPERASI. Yang saya maksud dengan operasi di sini adalah segala hal yang terkait dengan back office, yaitu keuangan dan akuntansi, sumber daya manusia (SDM), legal, dan umum. Intinya adalah sistem manajemen perusahaan.

Cukup banyak juga referensi yang tersedia untuk ini, seperti Instant Series karya Brad J. Sugars (Instant System, Instant Team Building, dll), buku-buku tentang manajemen keuangan dan akuntansi perusahaan, human resources development, corporate & business law.

Dengan mengacu pada konsep ”Segitiga Bisnis” di atas, untuk memulai suatu bisnis, sebaiknya kita selalu mencoba mencari orang yang akan memainkan 3 fungsi tersebut. Sebaiknya sich sebagai partner, bukan pegawai. Jangan sampai dalam satu perusahaan, partner-partner yang ada punya kemampuan di satu fungsi saja. Kalau itu terjadi, biasanya jalannya akan terasa timpang.

Kesimpulannya, partner anda dan anda sendiri harus bisa berbagi peran untuk menjalankan ketiga fungsi di atas, yaitu fungsi Marketing, Produksi, dan Operasi.

Semoga bermanfaat !

Posted by DJODI ISMANTO