Rabu, 01 Agustus 2007

Menikmati Liburan yang Singkat


Menikmati liburan setelah berkutat dengan setumpuk pekerjaan memang selalu dinanti-nanti oleh banyak pekerja. Makanya banyak yang bersuka cita ketika ada tanggal merah di ujung atau di awal hari, misalnya Hari Jumat atau Hari Senin. Walau terbilang singkat, tapi lumayan lah karena digabung Hari Sabtu dan Minggu. Menyambut hari libur itu, pasti di otak anda udah tersusun sejumlah rencana untuk mengisi liburan. Toh walau liburan singkat, bukan berarti anda nggak bisa bikin acara seru kan?

Agar anda bisa menikmati waktu liburan yang singkat, seperti halnya menikmati liburan panjang, buruan gebet deh tipsnya:

Optimalkan hari-hari sebelum libur
Menjelang hari libur, selesaikan semua tugas-tugas anda di kantor. Biar nggak terlalu kepikiran ama kerjaan saat libur, kalau bisa cicil sekalian pekerjaan untuk hari setelah libur. Lakukanlah pekerjaan tersulit untuk hari berikutnya. Menjelang pulang kantor sebelum liburan, sisihkan waktu selama 15 menit dan buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan saat anda kembali bekerja. Setelah selesai, segeralah beranjak dari kantor dan sambutlah hari libur tanpa beban.

Ciptakan liburan yang menyenangkan
Walau cuma singkat, bukan berarti anda nggak bisa bikin acara seru loh. Justru karena singkat, anda harus betul-betul menciptakan liburan yang menyenangkan sekaligus berkesan. Kalau bisa sih anda sudah merencanakannya sejak seminggu sebelumnya. Sehingga anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Antara lain anda bisa merencanakan pergi ke luar kota, yang cukup dekat dengan kota anda tentu. Atau jalan-jalan di dalam kota juga bisa jadi pilihan anda. Misalnya ke tempat rekreasi, ke Mal, atau mengunjungi sahabat dan sanak family. Ehm, lebih asyik lagi kalo ditemenin ama pasangan atau pacar.

Lakukan kegiatan yang anda sukai
Kalau kocek anda terbatas, nggak perlu bete dulu. Anda masih bisa kok menikmati liburan. Bersenang-senang di rumah bisa juga jadi pilihan anda loh. Misalnya dengan memutar koleksi VCD terbaru anda. Biar lebih asyik lagi sediakan camilan kesukaan anda. Atau puaskan hobi anda memasak di rumah. Pilihlah resep andalan anda atau mungkin anda ingin mencoba resep-resep masakan baru? Berolahraga dan berkebun pun bisa menjadi alternatif liburan anda. Jadi meski di rumah, bukan halangan untuk menikmati liburan secara maksimal kan?

Jangan mikirin kerjaan
Libur is libur. So, biar anda enjoy, jangan kepikiran ama kerjaan selama liburan. Makanya jauhi benda-benda yang mengingatkan anda pada kerjaan, seperti komputer, agenda kerja, atau laptop. Lepaskan pikiran anda dari hal-hal yang memberatkan. Namanya juga liburan, pantes dong kalo anda mau santai-santai. Kerjaan itu urusan nanti kalo udah masuk kerja.

Merenung
Nikmatilah detik demi detik selama liburan. Resapi saat waktu terus merambat dan beranjak. Jangan merasa resah ketika waktu libur harus berakhir. Menjelang detik detik terakhir masa liburan, renungilah apa telah anda lakukan dan apa yang akan anda lakukan di masa depan. Meski berpikir dalam suasana yang sangat santai anda tetap bisa koq menyusun langkah anda untuk hari esok.

Ketika waktu liburan sudah benar-benar berakhir, anda dapat segera berangkat ke peraduan. Rasakan kepuasan anda selama liburan. Jika anda puas dalam menikmati liburan, pikiran dan tenaga anda terasa lebih fresh. Sehingga anda pun siap menyambut hari esok dengan segala kemungkinan dan tantangannya. Selamat berlibur..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun