Rabu, 01 Agustus 2007

Persiapan Terjun ke Bisnis


Di jaman yang masih penuh ketidakpastian ini menuntut anda untuk selalu siap menghadapi kemungkinan terburuk. Kalau perusahaan anda tengah heboh dengan isu-isu PHK, nggak ada salahnya anda mempersiapkan diri untuk terjun ke bisnis, walau cuma kecil-kecilan. Nah mulai sekarang pikirkan deh bisnis apa yang bisa anda jalani.

Kalau anda jago masak, coba aja anda bisnis rumah makan. Kalau anda gape menjahit, terima jahitan boleh juga tuh dicoba. Tapi tentu saja ada sejumlah persiapan sebelum anda memutuskan untuk berbisnis. Ingat, persiapan untuk menghadapi bisnis begitu panjang. Selain modal dan riset pasar, anda juga perlu memperhatikan hal-hal lain yang menyangkut kapabilitas untuk mengelola bisnis sendiri. Hal-hal tersebut adalah:

- Siap menghadapi resiko
Kesiapan untuk menghadapi berbagai resiko adalah hal mutlak untuk suatu bisnis. Jangan pernah menganggap angin lalu masalah yang anda hadapi dalam bisnis. Pikirkan solusi untuk menyelesaikan masalah anda. Misalnya bagaimana cara menghadapi kenaikan harga-harga bahan pokok. Kalau perlu diskusikan masalah yang anda hadapi dengan rekan-rekan bisnis anda.

- Hadapi realitas
Dalam dunia bisnis, kepuasan pelanggan adalah hal utama. Maka anda harus mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, bukan apa yang anda inginkan. Perhatikan apa saja yang diinginkan pasar. Jika anda memenuhi keinginan pasar dan pelanggan, mereka akan puas. Sebaliknya jika bisnis yang anda jalankan hanya berdasarkan keinginan anda, bisnis anda akan sulit maju.

- Perkuat jaringan usaha
Semakin kuat dan luas jaringan usaha anda semakin besar pula kemungkinan bisnis anda untuk sukses. So, jangan berhenti untuk memperluas jaringan bisnis anda. Dalam setiap kesempatan jangan ragu untuk memperkenalkan bisnis anda. Ikuti kegiatan atau acara yang memungkinkan untuk memperkenalkan bisnis anda.

- Jaga Kepercayaan
Kepercayaan merupakan hal penting dalam bisnis. Tanpa kepercayaan anda tidak akan pernah memperoleh pelanggan. Untuk menjaga kepercayaan ini antara lain dengan cara menjaga kualitas produk dan kualitas pelayanan. Berikan servis atau pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Jangan lupa tersenyum setiap kali berhadapan dengan pelanggan. Dan dengarkan keluhan serta saran dari mereka. Jangan sekalipun menurunkan kualitas produk ketika anda sudah mendapatkan banyak pelanggan. Sekali mutu kualitas produk anda menurun, pelanggan akan berpikir untuk berpaling dari bisnis anda.

Selanjutnya, bersikaplah optimis. Yakinlah kalau usaha anda akan sukses. Toh jika anda ulet dan tekun, sukses berbisnis bukanlah hal yang mustahil. Selamat berbisnis...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun