Rabu, 01 Agustus 2007

Awas, Salah Jogging Bisa Stress!


Jakarta, Jogging bisa membuat tubuh segar dan sehat. Tapi awas, penelitian terbaru membuktikan ternyata jogging bisa bikin stress kalau dilakukan sendirian. Hati-hati!

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dipimpin oleh profesor Elizabeth Gould. Hasil studinya menunjukkan bahwa jogging sendirian bisa menambah stres dan menghalangi tumbuhnya sel otak baru.

"Tanpa adanya interaksi sosial manfaat jogging jadi kurang maksimal. Ini akan menghalangi masuknya sel baru ke otak," ungkap profesor Elizabeth seperti dilansir detikhot dari Daily Mail, Kamis (16/3/2006).

Sebuah tim studi psikologi universitas Harvard mengadakan perbandingan berjogging sendiri dengan yang berjogging secara berkelompok. Sebagai percobaan hal ini dites pada tikus.

Para ahli ini meneliti perubahan pada tikus yang berjogging dengan roda putar. Tikus 1 jogging sendirian dengan tikus 2 berjogging secara berkelompok. Setelah 12 hari terlihat hasil yang sangat menonjol antara tikus 1 dan tikus 2.

Dalam anggota tikus 2, diketahui sel otak mereka bertambah dua kali lipat dari jumlah bertambahnya sel otak baru pada tikus yang berjogging sendirian.

Hasil lain menunjukkan jogging sendirian membuat regenerasi sel otak baru akan berkurang dibandingkan dengan tikus yang sama sekali tak melakukan olah raga.

Jogging bareng teman bisa menstimulir otak

Profesor Elizabeth dengan jelas menyatakan bahwa jogging tak selamanya baik. "Ketika Anda berlatih bersama, stimulasi pertumbuhan sel otak baru akan berjalan lancar. Tapi tanpa hubungan sosial, efek positif jogging akan terhambat," ujarnya.

Olah raga ada baiknya namun jika berlebihan hasilnya juga tidak maksimal. Sebuah studi di Swedia sudah membuktikan bahwa kebanyakan berlatih bisa memicu stres dan memperlambat produksi sel otak baru.

Melatih tubuh secara berlebihan berpengaruh besar terhadap kekuatan otak. Lebih baik berlatih sedikit-sedikit namun rutin karena hasilnya akan lebih maksimal. Ini bisa menstimulasi otak, memperkuat memori dan mempercepat belajar.(yla/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun