Senin, 10 Desember 2007

Tertangkap Basah Si Bos

Kenakalan kecil biasalah kita lakukan selama bekerja. Tapi kalau tertangkap basah si bos? Eit, tenang. Ada mantra ampuh kalau ketahuan. Cukup efektif untuk berkelit di saat-saat terjepit.

Ketangkap basah bolos
Anda sudah meminta izin tidak masuk kantor karena alasan sakit, tapi saat sedang jalan-jalan di mal, Anda malah berpapasan dengan si bos.

Mantra berkelit:
- "Saya baru saja dari dokter. Kebetulan prakteknya di sekitar sini, jadi saya ingin cari makan dulu karena harus segera minum obat."
- "Saya baru mau ke apotik mencari obat alergi. Obat yang bagus apa ya Pak/Bu?"
- "Maaf Pak/Bu. Saya buru-buru nih mau ke apotik cari obat sakit perut, kebetulan enggak ada orang di rumah yang bisa dimintai tolong".

Kepergok melamar kerja
Anda sedang berada di kantor lain untuk melamar kerja. Eh, saat sedang menunggu di lobby, secara kebetulan bertemu si bos yang juga sedang di urusan kantor itu. Saat si bos bertanya sedang apa Anda di sana, apa jawaban Anda? Jangan speechless dong.

Mantra berkelit:
- "Saya sedang menunggu seorang klien."
- "Wah kok kebetulan ya kita bisa ketemu di sini. Bapak mau melamar kerja juga?"
- "Teman saya bekerja di sini. Saya ada janji makan siang dengan dia."

Datang terlambat
Anda sudah berhati-hati agar tidak ketahuan bos datang terlambat ke kantor. Tapi malang, begitu Anda masuk ke ruangan, Anda berpapasan dengan bos. Grogi? Tenang.

Mantra berkelit:
- "Jalanan macet banget. Enggak ketolongan. Padahal saya berangkat dari rumah jam setengah enam lho. Kayaknya besok saya harus datang lebih pagi deh."
- "Saya ke rumah sakit dulu mengunjungi saudara di sana."
- "Saya tadi mampir ke bank dulu buat mengambil kartu ATM yang hilang."

Chatting di kantor
Sedang asyik-asyiknya chatting, eh si bos tahu-tahu berdiri di belakang Anda. Apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Mantra berkelit:
- "Lagi chatting nih Pak, enggak apa-apa kan,? Pekerjaan saya sudah saya taruh di meja bapak/ibu."
- Biasanya sih atasan tidak terlalu ribet soal chatting asalkan pekerjaan Anda telah selesai.

Kabur Sebelum Jamnya
Waktu belum menunjukkan jam pulang kantor. Tapi Anda berniat pulang lebih cepat dari biasanya. Saat mau pulang, eh bertemu si bos di lift.

Mantra berkelit:
- "Mau mengantar adik ke dokter."
- "Pulang? Saya mau bertemu klien kok Pak/Bu."
- "Saya ada janji untuk bertemu dokter gigi sore ini."

Kompas