Senin, 10 Desember 2007

Saatnya Bebas Bulu

Kulit halus dan mulus pastinya bersih dari bulu. Tapi, bagaimana jika rambut-rambut halus itu sudah terlanjur menempel di wajah dan tubuh Anda?

Di wajah, bulu liar ini biasa tumbuh di atas bibir, dagu, dan di antara kedua alis mata. Tapi, tidak semua bulu di wajah mengganggu penampilan lho. Tebal tipisnya berbeda pada tiap orang. Jadi, perhatikan kebutuhan Anda untuk mencabutnya sebelum melakukan waxing.

Sedang di tubuh, Anda bisa membabat rambut mengganggu ini yang biasa terdapat pada ketiak, pangkal lengan, pergelangan tangan, paha, area organ vital atau bikini line serta kaki. Di manapun ia tumbuh, pastikan Anda telah membersihkan area tersebut dengan cermat. Gunakan sabun antiseptik dan seka dengan wash lap hangat jika perlu.

Namun yang terpenting, sterilkan permukaan kulit dengan alkohol 70% terlebih dahulu. Tindakan ini penting untuk menghidnari kemungkinan infeksi. Dan, akhiri dengan taburan bedak bayi untuk melindungi kulit dari panas cairan lilin.

Direction:
1. Must have items adalah cermin. So, pastikan cermin yagn dapat mengontrol tindakan waxing ini sudah tersedia di hadapan Anda.

2. Setelah wax dipanaskan (pekat, tidak terlalu encer dan berwarna muda serta jernih), diamkan sejenak sampai hangat. Lakukan tes suhu terlebih dahulu di bagian kulit lain di tubuh Anda.

3. Setelah lilin dioles ke kulit (gunakan sendok khusus atau spatula, jangan yang lain) segera tempelkan strips. Begitu agak mengeras, tarik segera strips dengan gerakan cepat.

4. Bersihkan sisa lilin dengan kapas hangat atau kain bersih dan tetesan baby oil.

5. Anda dapat mengulang proses ini setelah bulu baru muncul sekitar 4-6 minggu kemudian.

6. Untuk tahap awal, Anda boleh menarik strips searah pertumbuhan bulu. Berikutnya, coba tarik dengan arah yang berlawanan. Cara ini paling efektif mengangkat anak rambut dan bulu kaki sekalipun.

7. Untuk memperkecil kemungkinan risiko infeksi. Sekecil apa pun, pastikan area yang telah bebas bulu tetap steril selama 24 jam. Hindari sentuhan jemari yang kotor, olesan body lotion, deodoran dan parfume.

8. Hindari waxing berulang kali di area yang sama. Untuk bulu atau rambut yang punya akar panjang dan susah tercabut, beri jeda selama 3-4 hari sebelum melakukan waxing berikut.



Sumber: Chic/kompas