Jumat, 14 Desember 2007

Sssttt.. Pria Juga Stres Soal Makanan

Amelia Ayu Kinanti - detikHotBentuk tubuh serta berat badan ideal bukan hanya menjadi impian para wanita namun juga para pria. Hal tersebut mengakibatkan risiko gangguan pola makan tidak hanya terjadi pada remaja wanita, namun juga pada remaja pria.

Dewasa ini, penampilan bukan hanya isu penting bagi kaum perempuan, namun juga kaum laki-laki. Keinginan untuk berpenampilan menarik, membuat mereka mulai memperhatikan berat badan dan bentuk tubuh.

Kaum pria mulai khawatir dengan perubahan bentuk tubuh mereka, terutama pada remaja, saat mereka sedang ingin mengekspresikan diri. Perasaan ingin berpenampilan sempurna membuat mereka mati-matian menjaga berat ideal dan bentuk tubuh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet.

Diet yang salah akhirnya berubah menjadi ganguan pola makan pada remaja pria tersebut. Sebuah penelitian dilakukan di sebuah sekolah menengah di Amerika Serikat pada periode 10 tahun terakhir. Pada tahun 2005 ditemukan 27 persen dari siswa laki-laki menjaga pola makannya (diet) untuk membentuk tubuhnya, sedangkan 5 persen diantaranya menggunakan produk diet.

Angka tersebut mengalami kenaikan apabila dibandingkan dengan periode tahun 1995 dimana hanya 16 persen siswa laki-laki yang menjaga pola makannya dan dua persen dari mereka menggunakan produk diet.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri, karena para ahli biasanya hanya menyiapkan strategi dan cara mengatasi gangguan pola makan pada perempuan atau wanita, sedangkan untuk gangguan pola makan yang dialami laki-laki, belum ada cara khusus untuk penanganannya.
(yla/yla)