Senin, 10 Desember 2007

Rahasia Kecantikan di Malam Hari

Anda pasti sudah hapal ritual kecantikan di pagi hari untuk menjaga kesehatan kulit: memakai pelembab dan tabir surya. Tapi mungkin yang sering dilupakan adalah ada ritual sebelum tidur yang tak kalah penting untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Tahukah Anda bahwa pori yang besar, kerutan yang mulai timbul dan lingkaran di bawah mata bisa dihilangkan atau minimal di kurangi jika kita melakukan perawatan kulit di malam hari. Mengapa malam? Sebab ketika malam kulit kita beristirahat dan bermetabolisme secara normal karena tidak terpapar polusi, sinar matahari dan segala radikal bebas. Sehingga kulit pun lebih mudah menyerap perawatan yang diberikan.

- Selalu dan selalu bersihkan wajah dari segala kosmetik sebelum tidur.

- Untuk menghindari penuaan dini serta mengecilkan pori-pori di bagian wajah gunakan masker minimal dua kali dalam seminggu.

- Gunakan krim malam yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda untuk menjaga kelembaban kulit. Ingatlah untuk tidak memakai krim malam di siang hari karena bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

- Jangan tidur miring karena posisi tersebut cenderung membuat kulit bengkak dan menimbulkan lipatan-lipatan. Lama kelamaan lipatan itu akan membentuk garis dan menjadi kerutan.

- Pagi hari, basuh wajah dengan sabun lembut yang tidak mengandung alkohol.

- Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat tak cukup hanya mengandalkan kosmetik. Penuhi nutrisi yang bergizi. Minum air putih minimal 8 gelas untuk menjaga elastisitas kulit, konsumsi buah dan sayur, serta pilihlah makanan yang mengandung antioksidan dan omega-3 yang akan membantu regenerasi sel. (An)