Jumat, 14 Desember 2007

Kiat Mengelola Keuangan


Karyawan manapun pasti sangat bersuka cita jika tiba tanggal gajian. Karena dengan dana yang Anda terima setiap bulan ini Anda bisa merencanakan membeli sesuatu yang Anda suka. Tetapi masalahnya, banyak orang yang tidak terkendali dalam menggunakan uangnya. Sehingga belum lama tanggal gajian berlalu, keuangan sudah semakin menipis.

Belum lagi menghadapi tagihan-tagihan tak pernah ada habisnya. Rasanya berapapun pendapatan Anda selalu saja tidak bisa meng-cover seluruh kebutuhan Anda. Kondisi ini tentu saja bikin pusing tujuh keliling. Nah jika Anda selalu merasa kekurangan uang, rasanya Anda perlu mengelola kondisi finansial Anda dengan lebih cermat.

Perkirakan biaya pengeluaran
Lakukan perhitungan yang cermat, berapa rupiah yang Anda perlukan untuk membiayai hidup Anda perbulan. Buat perkiraan itu tanpa menghiraukan apakah kantong Anda sedang 'tebal' (bila ada tambahan penghasilan) atau 'tongpes' (tanpa tambahan apa pun). Setelah itu, munculkan angka-angka yang sesuai.

Buat anggaran dan catatan
Untuk memperoleh anggaran, Anda harus menghimpun catatan pembelanjaan untuk sebulan atau 2 bulan. Ini akan memberi Anda petunjuk berapa banyak uang yang Anda perlukan setiap bulan. Banyak sistem yang mudah, tapi yang paling sukses adalah yang Anda lakukan dengan penuh kejujuran.

Jangan besar pasak daripada tiang
Pengeluaran Anda tidak boleh lebih besar ketimbang pendapatan. Sebuah anggaran adalah serangkaian pembelian yang terencana. Tentu saja, harus disesuaikan dengan besarnya penghasilan Anda.

Manfaatkan bank
Salah satu kegunaan bank adalah untuk menyimpan uang Anda, supaya tidak selalu tersimpan di dompet dan menggoda Anda untuk menghabiskannya. Uang untuk keperluan berkala dan tahunan mestinya Anda tabung supaya Anda masih bisa memperoleh bunga.

Tanggung jawab
Resep apa pun dalam keuangan tak akan pernah berhasil bila Anda melalaikan tanggung jawab. Artinya, Anda harus ingat akan kewajiban mengelola uang ini dan berhati-hati membelanjakannya. Jangan asal mengeluarkan duit hanya karena Anda 'lapar mata'.

Jangan tergoda spekulasi
Jika Anda punya dana berlebih, jangan sekalipun mencoba-coba mengeluarkan uang untuk bisnis yang belum Anda kuasai dan beresiko tinggi. Lebih baik investasikan uang Anda dalam bentuk tabungan dan deposito.

Bagaimana dengan Anda..? Sudahkah Anda mengelola keuangan Anda dengan baik? Jangan lupa, dalam mengelola gaji Anda, dibutuhkan konsekuensi untuk memenuhinya. Jika Anda tidak bisa menepatinya Anda tidak akan pernah merasakan kondisi keuangan yang ideal. Dengan mengelola gaji atau penghasilan lain yang Anda peroleh, paling tidak hidup Anda akan lebih nyaman ketimbang Anda bergaya hidup boros. Selamat mengelola keuangan Anda..!(astaga.com)