Selasa, 22 Januari 2008

Change Your Life

Oleh : Muk Kuang Author of Think and Act like A Winner

Kita telah memasuki sebuah tahun yang baru. Begitu banyak harapan dan resolusi yang mungkin sudah tersimpan dalam benak Anda atau bahkan sudah tercantum dalam buku impian Anda. Sebuah awal yang luar biasa untuk menjalani tahun yang baru.
Akan tetapi sudah cukupkan hal itu?
Hal apa lagi yang harus dilakukan untuk memulai semangat yang baru di tahun ini?

Terinspirasi dengan apa yang pernah dikatakan oleh John C.Maxwell, yaitu "You will never change your life until you change something you do daily. The Secret of your success is found in your daily routine...". Anda tidak akan pernah mengubah hidup Anda sampai Anda mengubah sesuatu yang Anda lakukan setiap hari. Rahasia kesuksesan terletak pada apa yang Anda lakukan secara rutin tiap harinya.

Manusia boleh memiliki harapan di tahun yang baru, akan tetapi jika sikap mentalnya, perilakunya, semangatnya belum berubah dan masih mengadopsi cara-cara yang lama seperti mengeluh, kurang percaya diri, malas, selalu menyalahkan orang lain, menyimpan rasa dendam, egois, sombong, merasa paling hebat, maka individu seperti ini belum hidup dilembar yang baru. Ia masih hidup dalam pola negatif yang lama. Ia masih terbawa oleh arus kehidupannya yang lalu.

Jika aktivitas harian kita di keluarga, di kantor, di lingkungan masing mengggunakan gaya yang lama tanpa diwarnai sedikitpun nuansa positif yang baru, alhasil kita tidak akan mengubah apapun. Sebuah pepatah pernah mengatakan 'Jika kita melalukan hal yang sama setiap hari, maka kita akan mendapatkan hal yang sama'.
Renungkan dan perhatikan dengan baik aktivitas harian kita, apakah memberikan nilai yang positif, apakah bernilai guna untuk pengembangan diri, apakah memberi kontribusi yang berarti untuk orang lain maupun organisasi?
Jika tidak, saatnya untuk Anda mengubah itu semua.

Jangan hidup di masa lalu, Jangan meniru model yang lama. Jika Anda ingin berhasil perhatikan apa yang orang berhasil lakukan dalam hidupnya. Pelajari semangatnya, Amati kebiasaan-kebiasaan mereka.
Untuk menjadi pribadi yang berhasil, seseorang tidak harus berlatarbelakang keluarga yang kaya, akan tetapi ia harus mengembangkan kebiasaan yang positif setiap harinya. Jika seseorang telah membentuk kebiasaan yang positif, maka secara tidak langsung hal tersebut yang akan membentuk karakternya.

Hidup adalah proses. Setiap hari hidup yang manusia jalani adalah proses pembelajaran, proses menuju sebuah kehidupan yang lebih baik, proses menjadi seseorang. Apakah nantinya dalam proses tersebut kita menjadi pribadi yang hebat atau pribadi yang buruk, hal tersebut sepenuhnya tergantung kepada diri masing-masing.
Tanyakan kepada diri Anda, apakah saya sudah melakukan hal yang positif atau hanya mengulang perilaku saya di tahun yang lalu dan saya praktekkan di tahun ini.

Dunia semakin berubah, Tahun telah berganti. Hanya mereka yang mau berubah dan memberikan energi positif untuk hidupnya yang mampu bertahan dan menjadi pemenang.
Jika Anda benar-benar peduli dengan kehidupan Anda, saatnya bagi Anda untuk berubah.

Salam Pemenang


Muk Kuang