Sabtu, 27 Oktober 2007

Ada Setan Di Mana-Mana

"Pak, kemarin tahu ada penampakan?"
"Penampakan? Maksudmu?"

"Iya ... kemarin subuh jam 3-an, orang-orang pada lihat penampakan ..."
"Penampakan apa???" *dengan muka masih bingung*

"Ihhh ... Bapak ini gimana sih. Penampakan roh halus ..."
"Ooo ..."

"Bapak tahu khan di lapangan sebelah, tempat orang-orang parkirin motor ... Kemarin bapak-bapak yang sering nongkrong di sana lihat ada cewek sedang duduk di jok salah satu motor. Dan cewek itu berbaju putih ..."
"Ah ... kali aja emang itu orang beneran ..."

"Yee ... masa tengah malam gitu ada cewek berkeliaran gitu. Lagian ngapain malam-malam nongkrong di tempat gituan. Dan pas didekatin, ilang tuh cewek ..."
"Emang banyak yang lihat???"

"Iya ... bapaknya si abc [nama tetanggaku] lihat. Trus si itu cerita suaminya juga lihat."
"Ooo ..."

* * *

Itulah sekilas percakapanku dengan satpam perumahan kemarin pagi-pagi waktu aku baru siap-siap berangkat kerja. Sebuah percakapan yang "menarik" karena bersentuhan dengan dunia lain, dunia mistis, dunia setan. Hiii ... serem yah ...

Apakah setan itu ada? Bagaimanakah bentuknya? Eksiskah dia di sekitar kita? Nyatakah dia seperti yang dikisahkan orang-orang, entah secara lisan, atau melalui media cetak, ataupun beberapa fenomena yang menurutku luar biasa karena berhasil merekam gerakan dan eksistensi kehadiran 'mereka-mereka' dari dunia lain dalam bentuk gambar bergerak alias TV ... menimbulkan sejumlah misteri dan pertanyaan sekaligus ketakutan bagi sebagian orang.

Secara pribadi aku tidak pernah melihat atau mengalami atau bersentuhan dengan hal-hal gituan. Amit-amit deh kalo sampai bisa berinteraksi sama dunia gituan. Ngeri kali yah kalo kita dianugerahi kelebihan seperti bocah [yang diperankan oleh Haley Joel Osment] pada film 'sixth sense'. Ihhh .... takutttttt hehehe ... pokoknya jangan sampai deh. Tapi kalau dengar cerita orang lain, sering tuh ... terutama waktu masih remaja.

Misalnya cerita teman permainan yang katanya mengalami sendiri. Waktu aku masih di kampung halamanku, ada satu jalan [namanya jalan Pangsuma] yang letaknya agak pinggir kota, dikelilingi oleh tanah kosong yang tidak terawat hingga rumput-rumputan liat tumbuh dengan subur. Namun demikian, jalan tersebut sering dimanfaatkan orang-orang. Pagi hari sebagai tempat olahraga alias jogging, dan malamnya dimaksimalkan sebagai tempat berpacaran ria hehe ...

Nah ... suatu hari temanku itu bersama beberapa teman yang lain jogging di sana. Ketika lagi asyik-asyiknya, mendadak dari arah berlawanan muncul seorang cewek yang juga sedang jogging. Namanya juga anak cowok yang lagi puber, melihat itu segala nalar sepertinya mati begitu saja. Layaknya kucing disodori dendeng, begitulah mereka dengan semangat mencoba menggoda cewek itu.

Mulailah mereka bergaya, dengan harapan dilirik dan diperhatikan sama makhluk yang satu itu. Dan ... ketika mereka berhadapan langsung, seketika ada wangi-wangian aneh. Dan yang membuat mata dan kesadaran mereka pulih adalah saat mereka melihat bentuk cewek itu. Tahu apa yang melintas di mata mereka? Tubuh cewek itu meliuk-liuk seperti tertiup angin alias bentuknya tipis seperti selembar kertas. Waaaaa ... kontan terbirit-birit mereka kabur, dan konon sejak itu temanku itu tidak berani jogging lagi hehehe ...

Masih di jalan yang sama, kabarnya banyak orang yang malam hari melintas di sana melihat ada cewek yang sedang duduk di teras sebuah rumah tua yang tidak berpenghuni ... dan berbusanakan putih. Hmm ... siapakah gerangan dia? Manusia sungguhankah? Atau itu sejenis penampakan? Dan yang mungkin lebih penting: apakah cerita itu benar adanya?

Banyak kisah lain lagi yang pernah aku dengar, cerita yang sanggup membuat bulu kudukku berdiri. Seperti cerita teman yang bisa 'melihat' para setan berpesta pora waktu ada 'pesta rebut' [bahasa khek: chiong si ku --sebuah tradisi di hari capgomeh--], atau cerita buah kelapa yang berbuah menjadi kepala genderuwo, atau jembatan dan pasar setan di gunung-gunung keramat [ini kisah yang akrab bagi yang suka naik gunung], dan masih banyak cerita lain yang seolah mengatakan: setan ada di mana-mana.

Wow ... menakutkan yah :)

* * *

Pengalamanku sendiri yang paling membuat aku seram adalah waktu masih kecil. Berulang kali aku alami kejadian dengan setting yang persis seperti ini, yaitu waktu aku sedang berlari masuk rumah, dan saat melewati kamar orangtuaku yang pintunya terbuka, sekilas aku melihat mamaku lagu duduk di kursi dan sedang mengerjakan sesuatu. Dan yang aneh adalah saat sampai dapur, aku melihat mamaku ada di sana. Terang aja aku kaget, penasaran, dan balik lagi mengintip ke kamar tersebut ... dan kosong, tidak ada siapapun yang duduk di sana. Lantas ... apakah yang aku lihat waktu berlari itu? Sebuah halunisasikah? Atau jangan-jangan itu salah satu bentuk penampakan?

Aku tidak bisa menjudge dengan mengatakan bahwa makhluk halus itu tidak ada, karena pasti aku langsung diprotes keras sama mereka-mereka yang pro dan percaya bahwa dunia lain itu ada, dan oleh sebagian orang yang dianugerahi indra istimewa untuk melihat hal-hal gituan. Tidak berani juga aku memvonis langsung bahwa makhluk halus itu ada, karena aku mungkin akan didemo sama mereka-mereka yang bernalar tinggi dan mengganggap dunia ketiga itu tidak ada.

Namun satu hal yang aku tahu, kita hidup di bumi ini tidaklah sendirian. Maksudnya? Hmmm ... tafsirkan sendiri deh hehe ...

Bagaimanakah juga dengan pengalaman teman-teman? Percayakah dikau? Atau jangan-jangan sering mengalaminya???

http://pwsmedan.blogspot.com/