Senin, 08 Oktober 2007

Pintar di Kesan Pertama

Kesan pertama sangat penting. Salah-salah bertindak akan mempengaruhi penilaian orang. Parahnya penilaian itu bisa berlaku selamanya. Ada cara agar kesan pertama Anda di mata orang lain menjadi menarik dan baik. Mau tahu?

1. Percaya diri. Ketika merasa bahwa diri Anda berkualitas, maka akan semakin mudah berbicara dan bertindak. Perhatikan juga bahasa tubuh, menggigit kuku atau membungkuk hanya akan menonjolkan rasa tidak nyaman. Berdirilah dengan tegap, tunjukkan bahwa Anda punya kekuatan.

2. Tersenyumlah. Senyum yang tulus akan mencairkan suasana. Selain itu cobalah untuk tidak terlalu cepat merubah mimik muka. Karena bisa saja orang lain menganggap senyum Anda tidak tulus.

3. Lakukan kontak mata. Ketika berbicara dengan seseorang, pandanglah matanya. Jika Anda melihat ke arah yang lain, akan terkesan tidak menghargai orang tersebut.

4. Berpakaian yang pantas dan wajar. Sesuaikan gaya pakaian dengan tempat dan acara. Jangan lupa untuk tetap menonjolkan karakter dalam berpakaian. Karakter yang kuat akan lebih berkesan bagi orang lain. Salah kostum? nggak deh.

5. Yang terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan badan. Badan bersih dan wangi akan memberi kesan yang baik. Sebaiknya jika badan bau dan kotor, dapat dipastikan kesan pertama akan sangat buruk.

Yang paling penting dari semuanya, tetaplah menjadi diri sendiri. Berpura-pura atau memaksakan diri menjadi orang lain, biasanya hanya akan membuat kesan bahwa Anda seseorang yang tidak jujur, tidak tulus dan manipulatif. Selamat mencoba! (yla/yla)