Sabtu, 27 Oktober 2007

Minum Coca Cola Membuat Tulang Membusuk ?

Tembok Besar Cina adalah satu-satunya benda buatan manusia yang bisa dilihat dari luar angkasa.

Anda hanya menggunakan 10 persen dari kemampuan otak anda.

Pernyataan di atas semuanya adalah mitos. Tapi kenapa banyak orang mempercayainya?Saya sedang terpesona dengan sebuah buku terlaris dalam daftar Amazon.com, yaitu Made to Stick: Strategi Agar Gagasan Kita Melekat di Benak Orang Lain, dari penulis Chip Heat & Dan Heat, terbitan Gramedia.


"Kami menulis buku ini untuk membantu anda membuat gagasan anda melekat. Dengan "melekat" maksud kami adalah bahwa gagasan anda dipahami dan diingat, dan memiliki dampak jangka panjang-gagasan tersebut mengubah opini dan perilaku orang yang menerimanya", demikian jelas penulis.


Chip dan Dan telah melakukan lebih dari empat puluh eksperimen dengan lebih dari 1.700 peserta untuk menguji topik-topik seperti:



Mengapa ramalan Nostradamus masih dibaca orang setelah lebih dari 400 tahun?

Mengapa Chicken Soup for The Soul itu menginspirasi?

Mengapa pengobatan tradisional yang tidak efektif tetap bertahan?

Mereka juga menemukan bahwa banyak gagasan yang sebenarnya brilian dan penting tapi tidak dapat melekat di benak masyarakat.

Menurut penulis, kemampuan untuk mengenali, menciptakan dan menyebarkan gagasan itu penting bagi semua orang. Politikus memerlukannya, guru, pengambil kebijakan, presiden, pemimpin organisasi nirlaba dan tentu saja, pelaku bisnis yang ingin produknya dikenal dan melekat di hati konsumen.

Jared, seorang mahasiswa yang kelebihan berat badan turun berat badannya 90 kg setelah makan sandwich Subway setiap hari.

Cerita itu beredar di kalangan konsumen Subway yang kemudian dikenali dan disebarluaskan oleh manajemen Subway dalam kampanye promosinya.



Southwest Airlines, sebuah perusahaan penerbangan MURAH yang sukses di Amerika pernah menerima komplain dari pelanggannya agar menambahkan salad dalam menunya, ketimbang hanya kacang dan air putih saja.


Herb Kelleher, sang CEO serta merta menolak permintaan itu karena itu akan menambah biaya dan akan mengubah image MURAH bagi perusahaannya.


Apa dampak penolakan ini terhadap citra perusahaannya? Tidak ada sama sekali. Malahan perusahaan tersebut terus bertahan sebagai satu-satunya perusahan penerbangan yang paling menguntungkan di Amerika.



Setelah meneliti ratusan gagasan yang melekat, Chip dan Dan melihat dan menemukan berulang kali bahwa gagasan yang melekat itu memiliki 6 prinsip yang sama:



1. Prinsip Kesederhanaan. Gagasan itu harus sederhana dan mendalam. Fokus pada gagasan inti, buang yang tidak perlu. "Jika anda mengatakan tiga hal, berarti anda tidak mengatakan apa-apa".


2. Prinsip Tak Terduga. Gagasan itu harus melawan perkiraan orang lain. Gagasan itu harus berlawanan dengan dengan intuisi orang lain. Ingat cerita tentang perampokan ginjal kemarin. " Satu kantong popcorn sama tidak sehatnya dengan makan makanan berlemak selama sehari penuh!" Kejutan emosi itu fungsinya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyebabkan fokus.


3. Prinsip Konkret. Berbicara secara konkret adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa gagasan kita memiliki makna yang sama bagi setiap orang di antara pendengar kita. Kita harus menjelaskan gagasan kita dalam bentuk tindakan. Dalam hal ini, banyak komunikasi bisnis yang dilakukan secara keliru. Pernyataan misi, strategi, visi - semuanya sering membingungkan dan menjadi tak bermakna.


4. Prinsip Kredibel. Gagasan yang melekat harus punya kredibilitas. Orang akan percaya tentang perbaikan pelayanan kesehatan masyarakat jika disampaikan oleh menteri kesehatan. Bagi mereka yang belum punya kredibilitas itu, bisa menggunakan filosofi "coba sebelum membeli". "Sebelum anda memberikan suara, tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda lebih makmur hari ini daripada empat tahun yang lalu", kata Ronald Reagan saat berdebat dengan Jimmy Carter tahun 1980. Karena saat itu Reagan berada dalam posisi yang belum kredibel.

5. Prinsip Emosional. Kita perlu membuat gagasan itu memiliki nilai emosional. Dalam kasus popcorn yang tidak sehat itu, masyarakat dibuat merasa jijik dengan popcorn itu dengan membandingkan bahwa lemak setangkup popcorn itu sama nilainya dengan lemak makanan yang dikumpulkan dalam satu meja!



6. Prinsip Cerita. Bagaimana kita membuat orang-orang bertindak sesuai dengan gagasan kita? Kita menceritakan cerita. Orang-orang suka cerita. Mendengarkan cerita berfungsi sebagai simulator secara mental. Cerita dapat membuat pendengar atau pembacanya menanggapi secara cepat dan efektif.


Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.
Wassalam,


Roni, Owner Manet Busana Muslim