Kamis, 25 Oktober 2007

Dilarang Benci Pekerjaan Sendiri!

Yulia Dian - detikHot


Anda merasa benci dengan situasi pekerjaan? Jangan pernah menyesalinya. Ada beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi itu.

Jika Anda merasa pekerjaan begitu menyebalkan, menggerutu, marah-marah sendiri tak akan ada ujungnya. Tenang, Anda tak sendiri kok. Survei menunjukan 87% warga Amerika juga tak suka dengan pekerjaan mereka.

Sayangnya mereka juga tak bisa bertindak banyak dan terjebak dalam situasi itu. Tahukah Anda bahwa membenci hal yang seharusnya kita kerjakan bisa menimbulkan perasaan putus asa dan depresi. Ubah situasi ini dan lakukan sesuatu.

1. Cari tahu kenapa Anda membenci pekerjaan itu. Mungkin pekerjaannya, perusahaan, bayaran, atasan atau teman-teman di kantor. Sekali Anda mengetahui akar permasalahannya, Anda bisa mencari solusi terbaik.

2. Komunikasikan hal ini bersama atasan dengan cara terbaik. Pikirkan apa penawaran Anda untuk memperbaikin situasi kerja. Jangan mengkomplain secara bertubi-tubi dan membicarakan teman sekantor. Itu hanya akan menambah masalah makin runyam.

3. Mulai hari dengan fokus positif. Perubahan sikap akan membuat pekerjaan dan karir Anda membaik. Mungkin akan ada promosi yang lebih baik.

4. Cari sesuatu yang Anda suka untuk jadi fokus utama. Bisa hobi, kembali belajar, menulis atau bertukar koleksi dengsan sahabat. Anda perlu sesuatu di luar pekerjaan yang bisa membuat merasa lebih baik. Cari tahu apa yang Anda suka dan kerjakan dengan baik.

5. Ambil waktu istirahat. Bukan hanya untuk membuat Anda lebih baik, tapi juga bisa memberi energi, melawan depresi, memulihkan stres dan memberi percaya diri. Penelitian telah membuktikan bahwa latihan bisa meningkatkan serotonin di otak dan menstimulasi endorphin yang bisa membuat Anda merasa bersemangat. Cukup luangkan waktu setengah jam, tiga kali seminggu untuk berjalan santai.

6. Rencanakan masa depan Anda. Setidaknya Anda mencari tahu apa yang akan dihasilkan dari pekerjaan itu. Buat itu jadi motifasi. Jika sekiranya tak ada tujuan akhir yang baik, mungkin Anda harus mencari pekerjaan baru untuk karir.

7. Buka mata dan pikiran. Pikirkan apakah yang Anda lalukan ini baik untuk kedepannya. Untuk mengerjakan sesuatu dengan sempurna langkah pertama adalah Anda harus menyukai pekerjaan itu terlebih dahulu. Jika tidak, segera lakukan tindakan. Jangan menyerah dengan keadaan, perjuangkan masa depan Anda! (yla/yla)