Jumat, 19 Oktober 2007

Jadi Bos yang Baik, Gampang Kok!

Amelia Ayu Kinanti - detikHot

Menjadi pemimpin atau bos memang susah-susah gampang. Salah-salah bertindak Anda malah dianggap bossy dan tidak dihargai karyawan. Ada beberapa kiat khusus untuk menjadi pemimpin yang dicintai anak buah. Mau tahu?

1. Sadari bahwa keberhasilan susatu pekerjaan tidak terlepas dari peran anak buah. Jadi walaupun Anda adalah boss, tetap hargai anak buah.

2. Bagi tanggung jawab kepada anak buah. Beri kepercayaan pada mereka, hal tersebut akan membuat mereka merasa lebih dihargai dan termotivasi.

3. Kenali karyawan atau anak buah, namun tetap dalam jalur yang profesional. Dengan mengenali karyawan, Anda bisa tahu apa potensi mereka.

4. Lakukanlah proses regenerasi. Persiapkan para anak buah atau karyawan yang berpotensi menggantikan posisi Anda kelak.

5. Biasakan para anak buah atau karyawan bekerja tanpa pengawasan. Hal tersebut akan memperlihatkan tanggung jawab serta loyalitas mereka.

6. Dalam keadaan sesibuk apapun, Anda harus dapat mengambil keputusan yang tepat secara cepat. Itu yang menunjukkan kredibilitas sebagai bos.

7. Tunjukkan dan katakan pada seluruh karyawan, bagaimana menghormati dan menghargai mereka. Lakukan hal itu terutama di depan klien atau kolega. Sehingga nantinya kolega dan klien tidak hanya menghargai Anda tapi juga seluruh karyawan atau anak buah Anda.

8. Ingat, Karyawan juga butuh didengar daan diperhatikan. Dengarkan baik-baik keluh kesah mereka, tunjukkan kepedulian dan Anda juga boleh berbagi pada mereka.

9. Toleransi itu perlu. Untuk waktu-waktu tertentu, tidak ada salahnya memberikan kelonggaran pada karyawan dan anak buah. Terutama untuk alasan yang sangat penting.

10. Tidak ada salahnya bersenang-senang dengan para karyawan, hal itu akan mempersempit jarak Anda dengan mereka.(eny/eny)